Arti Kata Blusukan

Arti Kata

Arti Kata – reinha.com

Dikutip dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata blusukan secara etimologi berasal dari bahasa Jawa, dari kata dasar blusuk ‘masuk’ dan akhiran –an (afiks verba) yang berarti ‘masuk-masuk ke tempat tertentu untuk mengetahui sesuatu’.

Dalam bahasa Jawa blusukan merupakan verba, seperti dolanan ‘bermain’, sarungan ‘memakai sarung’, dan oyak-oyakan ‘kejar-kejaran’.

Kalau dibandingkan dengan bahasa Indonesia, afiks –an pada umumnya membentuk kata benda dan berarti ‘hasil’ atau yang di-‘, misalnya, arahan ‘hasil mengarahkan atau yang dijadikan arah’, rujukan ‘yang dirujuk’, pimpinan ‘hasil memimpin’, dan suruhan ‘yang disuruh’. Jadi, kata blusukan diserap ke dalam bahasa Indonesia secara utuh.

Kata blusukan sendiri lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia, sejak Presiden Indonesia Joko Widodo mencalonkan dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jadi bisa dikatakan, kata blusukan ini di populerkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Kata blusukan yang digunakan saat ini diartikan sebagai kunjungan atau mendatangi suatu tempat, seperti pasar, terminal dan lain-lain. Blusukan ini juga sering dilakukan tanpa pemeberitahuan terlebih dahulu, sehingga blusukan sering disamakan dengan kata sidak atau inspeksi mendadak.

Jadi arti kata blusukan adalah:

  1. Mengunjungi
  2. Mendatangi suatu tempat untuk mengetahui persoalan yang terjadi disana.
  3. Sebuah bentuk kepemimpinan (pro rakyat) mengunjungi rakyat. Dimana ada interaksi lansung antara pemimpin dan rakyatnya..
  4. Masuk ke..
  5. Sidak atau inspeksi mendadak

# Arti Kata Blusukan

  • 1
    Share