BERITABerita Nasional

Jokowi: Tol Trans Jawa (Merak-Surabaya) Akan Selesai Akhir Tahun 2018

Jokowi: Tol Trans Jawa (Merak-Surabaya) Akan Selesai Akhir Tahun 2018

Jokowi: Tol Trans Jawa (Merak-Surabaya) Akan Selesai Akhir Tahun 2018
Presiden Jokowi @jokowi

REINHA.com – Presiden Joko Widodo mengatakan jarak yang jauh, 870 kilometer dari Merak, Banten hingga Surabaya, Jawa Timur akan tersambung melalui Jalan Tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018.

“Dari Merak di Banten hingga Surabaya, Jawa Timur berjarak 870 kilometer. Jarak sejauh itu, Insya Allah akan tersambung melalui Jalan Tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018.” kata Presiden Jokowi di akun media sosial miliknya.

(Baca juga: Rocky Gerung: Mengapa Kalian Memusuhi Kata “Dungu”)

Presiden Jokowi pada hari Rabu 28 November 2018 meresmikan beroperasi ruas tol Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer yang merupakan bagian dari tol Solo-Ngawi yang panjangnya mencapai 90,4 kilometer.

“Hari ini, di depan Rest Area KM 538, saya meresmikan beroperasinya ruas tol Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer — bagian dari Tol Solo-Ngawi yang panjangnya 90,4 kilometer.” kata Jokowi.

(Baca juga: Ekonomi Dunia Dilanda Ketidakpastian, Jokowi Mengajak CEO Bersikap Optimis)

Dengan peresmian tersebut maka tercatat sampai hari detik ini, panjang Tol Trans Jawa dari Merak ke Surabaya sudah menyelesaikan 690 kilometer.

Sedangkan empat ruas tol sepanjang 180 kilometer sisanya masih dalam tahap penyelesaian akhir yakni ruas Tol Pemalang-Batang (33 kilometer), Batang-Semarang (75 kilometer), Salatiga-Solo (33 kilometer) dan Wilangan-Kertosono (39 kilometer). Seluruhnya ditargetkan selesai pada akhir Desember 2018.

Jalan Tol Trans Jawa ini akan dilanjutkan hingga Banyuwangi secara bertahap pada 2019. Panjang tol dari Merak ke Banyuwangi adalah 1.150 kilometer.

Jokowi mengatakan Tol Trans Jawa harus dimanfaatkan oleh para kepala daerah untuk mengintegrasikannya dengan kawasan-kawasan produktif, seperti kawasan industri dan pertanian, serta mendukung kawasan wisata.

# Jokowi: Tol Trans Jawa (Merak-Surabaya) Akan Selesai Akhir Tahun 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.