Indonesia Paparkan Upaya Pengendalian Perubahan Iklim Di Katowice

Indonesia Paparkan Upaya Pengendalian Perubahan Iklim Di Katowice
Twitter @Kementerian LHK

REINHA.com – Berbagai upaya pengendalian perubahan iklim yang telah dilakukan Indonesia mulai dari tingkat lokal, nasional hingga global, dipaparkan di Paviliun Indonesia pada COP24 UNFCCC di Katowice, Polandia.

Upaya dan keberhasilan pengendalian perubahan iklim yang berasal dari inisiatif lokal Kabupatan Gorontalo dan Kabupaten Pidie di Aceh pun dipresentasikan.

(Baca juga: Upaya Pengendalian Iklim Yang Dilakukan Indonesia Dapat Perhatian Dunia)

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mencontohkan di kabupaten yang dikepalainya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mulai mengembangkan kurikulum lingkungan hidup, khususnya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Kabupaten Pidie, Aceh lebih mengutamakan penyelamatan hutan karena Aceh yang merupakan benteng terakhir hutan Sumatera, yang mempunyai potensi kawasan hutan seluas 3 juta ha dimana 80%-nya adalah hutan lindung.

Deputi Walikota Katowice, Polandia, Mariusz Skiba, yang juga hadir mengatakan sangat senang bisa bertukar pengalaman dengan Indonesia dalam pengendalian perubahan iklim.

“Pengalaman ini sangat berarti bagi kami, karena satu provinsi seperti Aceh saja bisa mempunyai hutan 80%, sementara kami disini hanya punya 50% areanya yang berhutan, dan kami ingin melindungi area tersebut tetap hijau”, ucap Skiba.

# Indonesia Paparkan Upaya Pengendalian Perubahan Iklim Di Katowice