Kawasan Hutan Khusus Aek Nauli, Dibangun Untuk Pelestarian Gajah

Kawasan Hutan Khusus Aek Nauli, Dibangun Untuk Pelestarian Gajah
Gajah Sumatera

REINHA.com – Ada sebuah tempat konservasi dan ekowisata gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang ramah lingkungan (eco friendly) di Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

Tempat itu adalah Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli atau lebih dikenal Elephant Conservation Camp (ANECC) dimana tempat tersebut difungsikan untuk pelestarian gajah, penelitian, dan mendukung wisata di Danau Toba.

(Baca juga: Ini Kata Sandiaga Uno Setelah Debat Pertama Pilpres 2019)

Ka. Balai BP2LHK Aek Nauli, Pratiara mengatakan bahwa tempat tersebut dibangun untuk menjaga keberlangsungan hidup dan konservasi gajah, juga harus ramah, serta tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Selain itu, Pratiara menambahkan selama ini gajah dibiarkan diangon di hutan secara bebas, karena memang belum ada area khusus untuk ngangon, jadi pemulihan kawasan hutan harus segera dilakukan.

Tujuan pemulihan kawasan hutan tersebut untuk mengembalikan komposisi, dan struktur vegetasi mendekati kondisi semula sebelum terjadinya gangguan. Demikian, ekosistem hutan KHDTK Aek Nauli dapat kembali menjalankan peran dan fungsinya.

Pemanfaatan gajah jinak di Indonesia, sejauh ini telah dilakukan untuk beberapa hal, diantaranya untuk pendidikan, dan mitigasi konflik gajah dengan manusia.

# Kawasan Hutan Khusus Aek Nauli, Dibangun Untuk Pelestarian Gajah

  • 5
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.