Kementerian LHK Menggelar Penyerahan Penghargaan Adipura Dan Nirwasita Tantra

Kementerian LHK Menggelar Penyerahan Penghargaan Adipura Dan Nirwasita Tantra

Kementerian LHK Menggelar Penyerahan Penghargaan Adipura Dan Nirwasita Tantra
Penyerahan Penghargaan Adipura Dan Nirwasita Tantra @Kementerian LHK

REINHA.com – Kementerian LHK, hari ini, Senin (14/01/2019) menggelar penyerahan Penghargaan Adipura dan Nirwasita Tantra (Green Leadership) 2018, di Gd. Manggala Wanabakti, Jakarta.

Penganugerahan Penghargaan Adipura dan Nirwasita Tantra 2018 diberikan kepada kabupaten atau kota terpilih, dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

(Baca juga: UNEP Dukung Indonesia Sebagai Pusat Lahan Gambut Internasional)

Penghargaan Adipura merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten atau kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan sustainable city, dengan menerapkan prinsip good governance.

Penghargaan Nirwasita Tantra, diberikan kepada Kepala Daerah di tingkat provinsi atau kota atau kabupaten, yang berhasil memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Menteri LHK, menyampaikan 3 (tiga) harapannya yang ingin dicapai melalui program Adipura ini.

Pertama, Sesuai UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Kedua, untuk memenuhi target nasional pengelolaan sampah sesuai Peraturan Presiden No. 97 Thn 2017, tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Ketiga, mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap kabupaten/kota.

Penganugerahan penghargaan Adipura 2018 kali ini diberikan kepada 146 penerima, yang dibagi beberapa kategori yaitu Adipura Kencana, Adipura, Sertifikat, dan Plakat, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kabupaten atau kota.

Sementara itu, untuk penganugerahan Green Leadership bertajuk Anugerah Nirwasita Tantra untuk Periode 2018. Sebanyak 15 penghargaan diberikan kepada penerima penghargaan yang terdiri dari 3 Gubernur, 6 Walikota, dan 6 Bupati.

# Kementerian LHK Menggelar Penyerahan Penghargaan Adipura Dan Nirwasita Tantra

  • 4
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.