Bersih Pantai, Kegiatan Rutin KLHK Untuk Menangani Pencemaran Pesisir Laut

Bersih Pantai, Kegiatan Rutin KLHK Untuk Menangani Pencemaran Pesisir Laut

Bersih Pantai, Kegiatan Rutin KLHK Untuk Menangani Pencemaran Pesisir Laut
Kegiatan Bersih Pantai di Cirebon

REINHA.com – Saat ini pencemaran akibat sampah di kawasan pesisir dan laut menjadi perhatian serius bagi masyarakat global. Oleh karenanya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) hingga kini terus berupaya untuk melakukan penanganan dan pengendalian pencemaran pesisir laut.

Salah satu agenda rutin untuk mengatasi persoalan tersebut ialah dengan mengadakan Kegiatan Bersih Pantai atau Coastal Clean Up (CCU), yang kali ini dilaksanakan di sepanjang pesisir Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat (15/2).

(Baca juga: Soal Saracen, Fahri Hamzah: Orang Itu Harus Cepat Diproses)

Peserta yang ikut pada kegiatan bersih pantai ini diperkirakan mencapai 1000 peserta yang berasal dari pelajar, Pemda, komunitas, dan masyarakat sekitar. Tak ketinggalan, Menteri Siti Nurbaya pun turut berpartisipasi dalam aksi bersih pantai.

Dalam sambutannya, Menteri Siti Nurbaya memberikan apresiasinya terhadap berbagai gerakan masyarakat peduli lingkungan, khususnya dalam pengurangan sampah plastik. Ia berharap kegiatan ini dapat menular ke daerah-daerah lain.

“Beberapa Pemerintah Daerah telah melakukan inisiatif lokal dalam mengurangi sampah plastik. Berbagai keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan kegiatan serupa” kata Siti Nurbaya

Dalam setiap kegiatan CCU, melibatkan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan yang peduli terhadap kelestarian pesisir dan laut adalah suatu keharusan, dimana kegiatan kali di Cirebon, KLHK mendapat dukungan langsung dari Indonesia Power dan Pertamina.

Selain kegiatan CCU, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan rekor MURI “Pendidikan Lingkungan Hidup Tematik Mangrove Pertama” yang disaksikan oleh Menteri Siti Nurbaya dan Walikota Cirebon, Nasrudin Aziz.

# Bersih Pantai, Kegiatan Rutin KLHK Untuk Menangani Pencemaran Pesisir Laut

  • 6
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.