Ini 13 Kardinal Baru Yang Diumumkan Paus Fransiskus, Ada Nama Uskup Agung Jakarta

Ini 13 Kardinal Baru Yang Diumumkan Paus Fransiskus, Ada Nama Uskup Agung Jakarta
Paus Fransiskus (Media Vatikan)

REINHA.com – Sebanyak 13 Kardinal baru diumumkan oleh Paus Fransiskus pada hari Minggu, 1 September 2019 di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, setelah doa Angelus. Salah satu nama Kardinal yang dibacakan oleh Paus Fransiskus adalah Uskup Agung Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo. Ignatius Suharyo adalah Uskup Agung Jakarta.

Paus meminta semua orang untuk mendoakan para Kardinal baru, sehingga mereka dapat membantu dalam pelayanannya sebagai Uskup Roma dan untuk kebaikan semua umat Allah yang beriman.

(Baca juga: Tiongkok Peringatkan Amerika Untuk Tidak Mendukung Segala Bentuk Kerusuhan Di Hong Kong)

Nama-nama Kardinal baru adalah:

  1. Uskup Miguel Angel Ayuso Guixot, mccj – Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama – lahir di Seville (Spanyol) pada tahun 1952.
  2. Uskup Agung José Tolentino Medonça – Pengarsip dan Pustakawan Gereja Roma Suci – lahir di Madeira di Portugal pada tahun 1965.
  3. Uskup Agung Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo – Uskup Agung Jakarta – berasal dari Jawa, lahir di Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada tahun 1950 dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1976
  4. Uskup Agung Juan de la Caridad García Rodríguez – Uskup Agung Habana – Uskup Agung Habana – lahir di Camagüey pada tahun 1948.
  5. Uskup Agung Fridolin Ambongo Besungu, o.f.m. topi – Uskup Agung Kinshasa – lahir pada tahun 1960 di Boto, di Keuskupan Molegbe.
  6. Uskup Agung Jean-Claude Höllerich, sj – Uskup Agung Luksemburg lahir pada tahun 1958 di Differdange di Grand Duchy of Luxembourg.
  7. Uskup Alvaro L. Ramazzini Imeri – Uskup Huehuetenamgo – lahir di Kota Guatemala pada tahun 1947 dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1971 untuk Keuskupan Agung Guatemala, setelah itu ia menerima gelar doktor Hukum Canon dari Universitas Kepausan Gregorian.
  8. Uskup Agung Matteo Zuppi – Uskup Agung Bologna – lahir di Roma pada tahun 1955 dan ditahbiskan untuk Keuskupan Palestrina pada tahun 1981 setelah menempuh studi seminari di seminari keuskupan Palestrina dan Universitas Lateran.
  9. Uskup Agung Cristóbal López Romero, sdb – Uskup Agung Rabat – lahir pada tahun 1952 di Vélez-Rubio dari Keuskupan Almería di Spanyol.
  10. Pastor Michael Czerny, sj – Wakil Kepala Bagian Migran dan Pengungsi Dicastery untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Integral – lahir di bekas Cekoslowakia pada tahun 1946 dan memasuki Serikat Yesus pada tahun 1963
  11. Uskup Agung Michael Louis Fitzgerald – Mantan Apostolik Nuncio dari Mesir – lahir di Walsall pada tahun 1937 dan memasuki Serikat Misionaris Afrika (Ayah Putih) pada tahun 1950 dan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1961. Pada tahun 1987 ia menjadi imam.
  12. Uskup Agung Sigitas Tamkevičius, sj – Uskup Agung Emeritus dari Kaunas – lahir pada tahun 1938 di Gudonys di wilayah Lazdijai di Lituania dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1962
  13. Uskup Eugenio Dal Corso, psdp – Uskup Emeritus dari Benguela – lahir pada tahun 1939. Dia memutuskan untuk menjadi seorang misionaris karena studinya di Institut Don Calabria di Verona.

# Ini 13 Kardinal Baru Yang Diumumkan Paus Fransiskus, Ada Nama Uskup Agung Jakarta

  • 10
    Shares