Hanya 15 Menit Semburan Uap Air Panas Dapat Sembuhkan Emfisema Berat?

Hanya 15 Menit Semburan Uap Air Panas Dapat Sembuhkan Emfisema Berat?
Ilustrasi Dokter (stock image)

REINHA.com – Semburan uap yang cepat bisa memberi kehidupan baru bagi ribuan orang Inggris yang berjuang melawan sesak napas yang melelahkan. Prosedur baru ini bertujuan untuk membantu orang dengan emfisema parah – penyakit paru-paru umum yang biasanya menyerang orang di atas 50 tahun.

Dikutip dari DailyMail, hanya dalam 15 menit, dokter dapat mengobati jaringan yang rusak di paru-paru dengan semburan uap air panas, yang merusak jaringan.

Selama beberapa hari, jaringan yang rusak ini menyusut, membebaskan ruang di paru-paru dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

(Baca juga: Para Ilmuwan Berhasil Mengubah Otak Tua Menjadi Lebih Muda Dan Kuat)

Dalam beberapa minggu, pasien yang berjuang dengan tugas sehari hari seperti mandi telah mengalami perubahan yang lebih baik dari apa yang selama ini mereka rasakan selama bertahun-tahun.

Perawatan uap perintis, yang dikembangkan di AS, sekarang ditawarkan di dua rumah sakit NHS.

“Prosedur baru ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupan pasien dengan emfisema yang sangat parah,” jelas Dr Mohammed Munavvar di Rumah Sakit Pendidikan Lancashire NHS Trust.

Emfisema adalah bentuk penyakit paru obstruktif kronis atau COPD yang menyerang lebih dari satu juta orang di Inggris dan bertanggung jawab atas 30.000 kematian setiap tahun.

Dr Munavvar mengatakan: ‘Banyak pasien yang hampir tidak memiliki kualitas hidup, mobilitas yang sangat buruk dan tidak bisa bergerak dengan leluasa atau berjalan lebih jauh.

“Ini bukan obat ajaib tetapi kami berharap ini akan membantu meringankan gejala dan berarti pasien dapat berjalan lebih jauh secara mandiri.”

Paru-paru yang sehat terdiri dari jutaan kantung udara kecil yang disebut alveoli di mana oksigen dibawa ke aliran darah dan karbon dioksida dikeluarkan. Pada pasien dengan emfisema, kantung udara melemah dan rusak.

Kerusakan, sering disebabkan oleh merokok atau polusi, mengurangi jumlah oksigen yang mencapai aliran darah, menyebabkan sesak napas, batuk dan kelelahan.

Akhirnya, kantung-kantung itu dapat pecah dan bergabung menciptakan celah di paru-paru yang dapat menyebabkan udara terperangkap dan menyebabkan mereka mengembang secara berlebihan. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membuatnya lebih sulit untuk bernapas, dengan lebih sedikit ruang bagi oksigen segar untuk memasuki paru-paru.

Perawatan baru, yang dikenal sebagai Bronchoscopic Thermal Vapor Ablation atau BTVA, dapat digunakan untuk menargetkan area yang sangat tepat dan tidak seperti operasi. Sebagian besar pasien dirawat di rumah sakit hanya untuk satu malam dan beberapa bahkan cukup baik untuk pulang pada hari yang sama.

Dr Munavvar, seorang dokter spesialis dada, mengatakan: shrink Penyusutan ini memakan waktu sekitar empat minggu dan selama periode itu, mungkin ada beberapa gejala yang memburuk. Tetapi setelah itu, pasien tampaknya mulai memperhatikan manfaatnya. “

Teknik baru saat ini hanya tersedia di Rumah Sakit Pendidikan Lancashire dan Royal Brompton & Harefield NHS Foundation Trust di London sebagai bagian dari studi penelitian. Selama prosedur, sebuah tabung berisi kamera – bronkoskop – dimasukkan melalui mulut ke paru-paru dan ke daerah yang terkena dampak terburuk yang perlu dirawat.

Serena Young, 63, dari Leyland di Lancashire, adalah salah satu pasien Inggris pertama yang menjalani prosedur tersebut. Dia didiagnosis dengan emfisema sepuluh tahun yang lalu, setelah merokok selama masa dewasanya.

“Aku tidak bisa berjalan jauh, dan bahkan sulit menemukan pekerjaan rumah” katanya. “Aku selalu berpikir sebelum melakukan perkerjaan terutama jika ada tangga yang terlibat.”

Pada bulan September, ia menjalani prosedur perintis di Rumah Sakit Royal Preston, di bawah asuhan Dr Munavvar.

“Ini benar-benar luar biasa – dan begitu cepat s…” kata Serena.

Dia diizinkan pulang keesokan harinya dan dalam beberapa minggu kondisinya mulai membaik.

“Aku tidak akan melewatkan lagi dan aku tidak akan lari maraton,” katanya, “tapi aku merasa lebih baik…”

# Hanya 15 Menit Semburan Uap Air Panas Dapat Sembuhkan Emfisema Berat?

  • 17
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.