Makin Keren, Warga Bangun Lopo Di Pantai Kawaliwu

Makin Keren, Warga Bangun Lopo Di Pantai Kawaliwu
Sunset di Kawaliwu @REINHA.com

REINHA.com – Pantai Kawaliwu di Kecamatan Lewolema merupakan salah satu objek wisata yang cukup diandalkan di Kabupaten Flores Timur.

Selain menyuguhkan keindahan matahari terbenam, di pantai Kawaliwu juga terdapat “mata air” panas alami. Dimana kita cukup menggali sedikit saja pasir di pantai ini, untuk menikmati “air panas” alami tersebut.

Pantai Kawaliwu tidak begitu jauh dari Larantuka, kota Kabupaten Flores Timur. Waktu yang di tempuh kurang lebih 30 menit. Akses jalan menuju pantai ini pun bagus.

Hal tersebut diatas membuat Kawaliwu selalu ramai dikunjungi para wisatawan saat liburan.

Untuk memajukan wisata di pantai Kawaliwu, peran masyarakat Kawaliwu sangat membantu. Saat ini, masyarakat di Kawaliwu bahu membahu membangun lopo untuk tempat para wisatawan beristirahat.

(Video: Suasana Baru Di Pantai Kawaliwu)

Hendrik Hurit salah satu warga yang ditemui REINHA.com di Pantai Kawaliwu mengatakan awal dari pembangunan lopo tersebut merupakan ide dari pemerintah desa melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Pokdarwis kemudian mengajak para pemuda dan masyarakat untuk bahu membahu membangun lopo di sepanjang pantai Kawaliwu.

“Untuk pembangunan saat ini, dikarenakan Di Sinar Hading terdapat lima dusun maka dibangun lima lopo, setiap dusun membangun satu lopo” kata Hendrik.

(Video: Warga Gotong Royong Bangun Lopo Di Pantai Kawaliwu)

Untuk pendanaan pembangunan lopo. Hendrik mengatakan untuk saat ini masih di swadaya oleh masyarakat tiap dusun.

Hendrik berharap dengan pembangunan lopo tersebut maka pariwisata di pantai Kawaliwu semakin maju. Majunya wisata di Kawaliwu akan maju juga ekonomi masyarakat di Kawaliwu. Selain itu masyarakat di Kawaliwu pun diharapkan untuk selalu ramah pada lingkungan.

Persoalan Sampah Plastik di Kawaliwu

Sampah, khususnya sampah plastik merupakan salah satu persoalan yang dihadapi di berbagai tempat wisata. Pantai Kawaliwupun tak luput dari persoalan tesebut.

Untuk masalah sampah plastik, Hendrik mengatakan di dua tahun terakhir banyak sampah buangan yang berasal dari laut. Untuk sampah di darat bisa di atasi kata Hendrik.

“Sampah yang di hadapi sekarang dari laut, sampah buangan atau kiriman.”

Sampah plastik kiriman ini biasanya ditemukan dari bulan Januari sampai Maret. Sampah plastik ini cukup banyak, kurang lebih tiga dump truck mengangkut sampah dari pantai Kawaliwu pada tahun 2020.

“Tahun ini sekitar tiga dump truck mengangkut sampah plastik dari pantai Kawaliwu” kata Hendrik.

# Makin Keren, Warga Bangun Lopo Di Pantai Kawaliwu

  • 22
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.