Menyimak Sikap Diam Bupati Flotim

Menyimak Sikap Diam Bupati Flotim

Anton Gege Hadjon @reinha.com

REINHA.com – Penetapan tersangka pada kasus proyek Air Bersih Ileboleng oleh Kejaksaan Negeri Larantuka rupanya berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah Flores Timur. Lembaga audit internal yang mestinya dikendalikan langsung oleh Bupati Flores Timur ini secara transparan dan terbuka menyampaikan hasil auditnya tanpa ada perintah Bupati untuk tidak perlu dipublikasi atau diserahkan kepada Kejaksaan sebagai laporan.

Banyak pihak menduga, Bupati Flores Timur sedang kecolongan atau merasa dikhianati oleh Inspektorat sebab kasus air Ileboleng bakal menyeret namanya. Berbagai dugaan keji terus mengarah padanya, terutama para Netizen yang tidak suka Anton Gege Hadjon sebagai Bupati. Mereka mengira Anthon sedang stres dengan kasus ini, tetapi mereka sendiri tidak paham apa gagasan yang tersusun rapi dibenak kepala sang pemimpin Flores Timur ini. Mereka menuduh Anton sementara melindungi kroni-kroninya, tetapi semua dugaan itu menemui ruang sunyi. Mereka ternyata hanya ingin memperburuk citra Bupati agar reputasi politiknya rusak dimata masyarakat dengan maksud mereka ingin mengambil alih kekuasaan. Begitulah caranya para bedebah yang haus kekuasaan. Rupanya semua demi kekuasaan. Beginikah cara membangun peradaban politik di tanah kita Lamaholot ?

“Saya pernah menerima laporan dari Inspektorat tentang hasil audit Air Ileboleng. Terhadap hal ini, saya tidak boleh melakukan intervensi apalagi berusaha untuk menghalangi. Silahkan saja berproses, sebab semua orang wajib bertanggungjawab baik terhadap Lewotana juga di mata hukum. Biarkan proses hukum yang menyatakan orang bersalah atau benar,” ujar Bupati suatu kelak saat seorang wartawan bertanya kepadanya.

Anton Hadjon juga menegaskan, pemerintah selalu berkomitmen untuk mendukung penegakan supremasi hukum di wilayah Flores Timur. Jika ada pihak yang melanggar hukum, dia wajib bertanggungjawab. Tetapi upaya mendorong penegakan supremasi hukum tidak harus dengan pendekatan politik.

Sampai di penghujung masa jabatan, Putera Politisi legendaris Lambertus Tule Hadjon ini tampaknya selalu memilih diam dalam percakapan para Netizen diberbagai media. Diam bagi Anton Hadjon adalah pilihan tepat untuk mebangun suasana kondusif di Bumi Flores Timur ini. Sebab pemerintah adalah rakyat, yang tentu tidak bisa dibeda-bedakan sebagai pendukung pemerintah maupun yang tidak. Semua orang adalah sama di mata pemerintah. Bahkan kritik sangat dibutuhkan untuk mengilhami pemerintah dalam usaha membangun kinerja yang positip demi pelayanan publik.

Berbagai hal positip yang dilakukan pemerintah nyaris tak kedengaran. Anton Hadjon terus “dihajar” oleh para Netizen yang terlihat jelas adalah lawan politiknya. Mereka lebih banyak dan menguasai media sosial. Karena itu citra wajah Flores Timur sangat buruk di ujung jari mereka. Mereka tidak akan bertanya kepada rakyat petani di kampung yang diperhatikan pemerintah, mereka juga tidak pernah menulis perjuangan Bupati menemui para nelayan dan buruh pelabuhan. Sebab yang dilakukan baik oleh pemerintah akan mengganggu kepentingan politik mereka. Sebab mereka sudah menunggu lama ingin mengambil alih kekuasaan.

Tetapi Anton Hadjon adalah Kader sejati PDI Perjuangan. Ia diajarkan untuk pantang menyerah, kerja, kerja dan kerja, menghormati perbedaan, menghargai adat dan budaya, menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan patuh pada amanat leluhur bangsa. Berjuang terus Bung, Pekerjaan yang berat adalah melawan bangsamu sendiri !!

Dalam diam, Anton sangat tahu siapa teman dan siapa musuhnya. Dia tahu kepada siapa peluru dilecutkan, agar masyarakatnya bisa paham apa yang ia pikirkan. Anton oleh seorang teman kelasnya dulu mengakuinya sebagai sosok pintar yang tidak banyak omong. Ia mewariskan darah pemberani, di Kaki Gunung Mandiri.

Selamat menunaikan tugasmu Bung ! Bendera sudahbkau kibarkan, pantang untuk Kau Turunkan. MERDEKA ! MERDEKA ! MERDEKA ! (Istimewa)

# Menyimak Sikap Diam Bupati Flotim

  • 1.3K
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.