Flores Timur Satu-Satunya Kabupaten Di NTT Yang Telah Salurkan Dana Desa Tahap 1

Flores Timur Satu-Satunya Kabupaten Di NTT Yang Telah Salurkan Dana Desa Tahap 1

Flores Timur Satu-Satunya Kabupaten Di NTT Yang Telah Salurkan Dana Desa Tahap 1
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Flotim, Drs. Rufus Koda Teluma

REINHA.com – Kabupaten Flores Timur menjadi kabupaten pertama dan satu-satunya kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang telah menyelesaikan penyaluran Dana Desa Tahap 1.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Flotim, Drs. Rufus Koda Teluma saat dihubungi REINHA.com via ponselnya, Jumat (2/4/2021) membenarkan informasi tersebut.

(Baca juga: Wamen PDTT Memaparkan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021)

Penyaluran Dana Desa terdiri dari 3 Tahap. Tahap 1 dana yang disalurkan sebanyak 40 persen, tahap 2 sebesar 40 persen dan tahap ke-3 sebesar 20 persen dari pagu Dana Desa untuk 228 desa di Kabupaten Flores Timur, kata Drs. Rufus Koda Teluma.

Untuk Desa Boru, Kecamatan Wulanggitang, Rufus Koda Teluma mengatakan bahwa penyaluran Dana Desa disana, dilakukan sebanyak 2 tahap. Tahap 1 sebesar 60 persen dan Tahap 2 sebesar 40 persen, karena desa tersebut merupakan satu-satunya desa di NTT yang status perkembangannya Desa Mandiri.

Rufus Koda Teluma menjelaskan bahwa pencairan Dana Desa Tahap 1 untuk 229 desa di Flores Timur dimulai sejak bulan Januari akhir dan selesai pada akhir Februari.

Lebih lanjut lagi Rufus Koda Teluma mengatakan bahwa dirinya sudah mengajukan pencairan Dana Desa Tahap 2 untuk 38 desa pada akhir bulan Maret. Dirinya menargetkan akhir April sebanyak 229 desa sudah selesai pencairan Dana Desa Tahap 2.

Drs. Rufus Koda Teluma pun berharap penyaluran Dana Desa Tahap 2 bisa sesuai dengan target, untuk membiayai bidang kegiatan sesuai dengan APBDesa masing-masing desa di tahun 2021.

# Flores Timur Satu-Satunya Kabupaten Di NTT Yang Telah Salurkan Dana Desa Tahap 1

  • 360
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.