Puskesmas Waiwadan Bantah Pasien Meninggal Dunia Karena Asma Di Penyebrangan Tobilota

Puskesmas Waiwadan Bantah Pasien Meninggal Dunia Karena Asma Di Penyebrangan Tobilota

Puskesmas Waiwadan Bantah Kabar Pesien Meninggal Dunia Karena Asma Di Penyebrangan Tobilota
Puskesmas Waiwadan @reinha.com

REINHA.com – Pihak Puskesmas Waiwadan membantah informasi yang mengatakan bahwa ada pasien yang ditangani oleh Puskesmas Waiwadan meninggal karena penyakit asma saat di rujuk ke Rumah Sakit (RS) Larantuka melalui pelabuhan penyebrangan Tobilota.

Ketika dihubungi REINHA.com, Kepala Puskesmas (Kapus) Waiwadan Nikolaus Narek Kopong mengatakan informasi pemberitaan tersebut tidak sesuai dengan kronologi yang sebenarnya terjadi, dan pasien yang diberitakan tersebut dari wilayah kerja Puskesmas Baniona.

Kepala Puskesmas Waiwadan menjelaskan, Puskesmas Waiwadan sudah menjalankan mekanisme rujukan. Yaitu dari Kepala Puskesmas ke Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Perhubungan berkaitan dengan penanganan rujukan selanjutnya.

Kapus Waiwadan menyayangkan informasi berita yang beredar, dan meminta agar pemberitaan seperti itu sebaiknya dikonfirmasi terlebih dahulu ke Puskesmas Waiwadan sebelum diterbitkan, karena mendiskreditkan kinerja PKM Waiwadan, kata Kapus.

Dokter Puskesmas Waiwadan, Adrianus Hongi Rau menjelaskan bahwa pasien dengan inisial TTI (61) tersebut terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan pemeriksaan hasil rapid antigen positif dan rapid antibodi IgM reaktif.

Adrianus mengatakan pasien tersebut datang dengan keluhan sesak nafas sejak beberapa hari sebelumnya, dan dengan keluhan batuk, pilek, demam, nyeri ulu hati, mual, nafsu makan berkurang. Sebelumnya pasien dan suami mengatakan seluruh badan terasa lemah karena baru selesai acara sambut baru di rumahnya minggu lalu, ungkap Adrianus.

Adrianus pun menegaskan bahwa pasien tersebut tidak ada riwayat asma dan hanya memiliki riwayat hipertensi dan tidak dirujuk dengan diagnosis asma.

Senada dengan Kepala Puskesmas Waiwadan, dr. Adrianus Hongi Rau pun menyesalkan pemberitaan tersebut dan meminta agar sebelum memuat berita agar dikonfirmasi terlebih dahulu.

# Puskesmas Waiwadan Bantah Pasien Meninggal Dunia Karena Asma Di Penyebrangan Tobilota

  • 108
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.