Rusia Peringati Negara Lain Agar Tidak Izinkan Ukraina Menggunakan Lapangan Terbang Mereka, Jika Tidak Ingin Terlibat Perang

Rusia Peringati Negara Lain Agar Tidak Izinkan Ukraina Menggunakan Lapangan Terbang Mereka, Jika Tidak Ingin Terlibat Perang

Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina memegang peluncur anti tank NLAW
(photo credit: REUTERS/VALENTYN OGIRENKO)

REINHA.com – Kementerian Pertahanan Rusia memperingatkan Rumania dan negara-negara lain, agar tidak mengizinkan pesawat militer Ukraina menggunakan lapangan terbang mereka, dengan mengatakan bahwa hal itu dapat dianggap sebagai “keterlibatan negara-negara ini dalam konflik bersenjata,” menurut TASS.

Hampir semua pesawat tempur rezim Kiev telah dihancurkan,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayjen Igor Konashenkov. Harap dicatat bahwa penggunaan lapangan udara dari negara-negara untuk penerbangan militer Ukraina dapat dianggap sebagai keterlibatan negara-negara ini dalam konflik bersenjata, lanjut Igor.

Kementerian Pertahanan juga mengklaim bahwa lapangan terbang Angkatan Udara Ukraina di Vinnytsia dihancurkan oleh senjata presisi tinggi oleh Angkatan Bersenjata Rusia pada hari Minggu.

Wartawan Ukraina Andriy Tsaplienko telah mengklaim bahwa rudal itu ditembakkan dari wilayah yang disengketakan Transnistria – bekas negara pecahan Soviet yang terletak antara Moldova dan Ukraina – meskipun Transnistria telah membantahnya.

Angkatan Udara Ukraina kemudian mengumumkan bahwa serangan terhadap Vinnytsia dilakukan dengan delapan rudal yang ditembakkan dari pesawat pengebom Rusia dari atas Laut Hitam.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan roket Rusia telah menghancurkan bandara sipil di ibu kota wilayah barat tengah Vinnytsia pada hari Minggu.

Sebelumnya pihak berwenang mengatakan layanan darurat sedang bekerja untuk memadamkan api di bandara yang disebabkan oleh serangan roket.

Pejabat Ukraina lainnya telah berulang kali menyerukan zona larangan terbang di atas Ukraina dimana para pejabat Barat menolak permintaan tersebut, dengan mengatakan bahwa langkah seperti itu berarti memasuki konflik militer langsung dengan Rusia. (jpost/jmw)

# Rusia Peringati Negara Lain Agar Tidak Izinkan Ukraina Menggunakan Lapangan Terbang Mereka, Jika Tidak Ingin Terlibat Perang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.