Flores Timur Raih Opini WTP, Anton Hadjon: Akhirnya Kita Pun Meraihnya

Flores Timur Raih Opini WTP, Anton Hadjon: Akhirnya Kita Pun Meraihnya

Antonius Hubertus Gege Hadjon @reinha.com

REINHA.com – Antonius Hubertus Gege Hadjon, Bupati Kabupaten Flores Timur periode 2017 – 2022, mengatakan bahwa Kabupaten Flores Timur meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2021.

“Kemarin mendapat kiriman WA dari Pak Sofyan Antonius, Kepala Perwakilan BPKP NTT. Beliau menyampaikan terkait keberhasilan Kabupaten Flores Timur meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2021.” Kata Anton Hadjon melalui akun media sosial miliknya.

Anton Hadjon pun mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur.

Ketika ditemui di sela-sela kesibukannya, Anton Hadjon mengatakan bahwa selama tiga tahun dirinya tidak pernah mengambil LHP BPK, karena dirinya berkomitmen akan mengambilnya, jika menerima WTP. Dan pada akhirnya Kabupaten Flores Timur menerima opini WTP setelah masa jabatannya sebagai Bupati Flores Timur berakhir.

Dengan komitmen yang kuat dari Bupati Flores Timur dan segenap Perangkat Pemerintah Daerah dari tahun ke tahun mengurai setiap pengecualian tersebut dan menyisakan 2 Pengecualian pada Laporan Hasil Pemeriksaan BPK untuk Pengelolaan Keuangan Daerah yang dirilis tahun 2021 yaitu pengecualian terhadap pengelolaan Aset Daerah dan Dana Bos.

Upaya yang dilakukan ini beriringan dengan keseriusan Pemda Flores Timur dibawah kepemimpinan Anton Hadjon untuk melaksanakan agenda pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi mulai dengan mewajibkan Pejabat dan ASN untuk menyampaikan LHKPNN, Penyelesaian Ganti Rugi Keuangan Daerah melalui sidang TPTGR, menindaklanjuti semua temuan BPK dan APIP, melakukan penataan dan penertiban aset daerah dan penatalaksanaan aset dana BOS.

Upaya yang cukup panjang ini akhirnya dapat membuahkan hasil, dimana pada tahun ini, Atas Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2021, BPK mengganjarnya dengan memberikan Opini atas Laporan Keuangan Daerah Tahun 2021 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

# Flores Timur Raih Opini WTP, Anton Hadjon: Akhirnya Kita Pun Meraihnya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.