China Manfaatkan Bulan Untuk Melindungi Bumi Dari Asteroid

China Manfaatkan Bulan Untuk Melindungi Bumi Dari Asteroid

Purnama “Strawberry Moon”//photo credit: REUTERS/JOE SKIPPER

REINHA.com – “Sistem Pertahanan Planet” China telah menangkap momentum baru-baru ini, dengan para peneliti Beijing sekarang berencana untuk memanfaatkan bulan untuk melindungi Bumi dari serangan asteroid yang berpotensi menghapus sebuah kota atau bahkan peradaban manusia, menurut para ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Dua teleskop optik akan dibangun di kutub selatan dan utara bulan untuk mengamati ruang di sekitar mereka, dan setiap ancaman yang mungkin menyelinap melalui jaringan peringatan dini, terutama yang mendekat dari sisi buta menghadap matahari.

Proyek baru ini memerlukan penempatan tiga satelit penjaga yang membawa banyak bahan bakar dan senjata kinetik ke orbit bulan di sekitar Bumi, kata Wu Weiren, kepala perancang Program Eksplorasi Bulan China, dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal peer-reviewed China Scientia Sinica Informationis.

Ketika sistem mendeteksi asteroid yang berpotensi menyebabkan kerusakan parah, sistem akan mengirimkan satu atau semua satelit penjaga untuk mencegatnya dalam jangka waktu singkat, lebih cepat dari yang bisa dicapai oleh roket besar mana pun yang diluncurkan dari Bumi, menurut ke tim.

“Ini akan memiliki kemampuan untuk mencegat asteroid yang datang dari segala arah, dan dapat membentuk lingkaran pertahanan sekitar dua kali jarak antara bulan dan Bumi – sekitar 800.000 km. diameternya,” kata Wu dan rekan-rekannya.

Sistem Pertahanan Bumi China, yang saat ini sedang dikembangkan, terdiri dari radar dan teleskop raksasa dalam upaya untuk mencegah peristiwa kepunahan seperti yang memusnahkan dinosaurus sekitar 65 juta tahun yang lalu.

# China Manfaatkan Bulan Untuk Melindungi Bumi Dari Asteroid

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.