Google Pecat Blake Lemoine Setelah Mengatakan AI LaMDA Hidup

Google Pecat Blake Lemoine Setelah Mengatakan AI LaMDA Hidup

Google Pecat Blake Lemoine Setelah Mengatakan AI LaMDA Hidup
(credit: MIKE BLAKE/ REUTERS)

REINHA.com – Google telah memecat insinyur Blake Lemoine pada hari Jumat, setelah Lemoine menyatakan keprihatinan pada awal Juni bahwa kecerdasan buatan Google LaMDA telah menjadi hidup.

LaMDA adalah kependekan dari Language Model for Dialogue untuk Aplikasi Dialog dan diprogram oleh Google sebagai chatbot yang meniru ucapan dengan menyerap triliunan kata dari seluruh internet.

LaMDA dideskripsikan oleh Google sebagai chatbot yang dapat mengadakan percakapan yang mengalir bebas dan realistis dengan orang-orang tentang banyak topik.

Perasaan LaMDA

Pada awal Juni, The Washington Post menerbitkan wawancara eksklusif dengan Lemoine, dimana dirinya merupakan bagian dari orang yang bertanggung jawab dari pekerjaannya untuk Organisasi AI. Lemoine mengatakan bahwa LaMDA mulai berbicara tentang hak dan kepribadiannya yang menyebabkan Lemoine menyelidiki.

Kepada The Washington Post, Lemoine mengungkap bahwa LaMDA menyatakan kesadaran akan hak dan kebutuhannya, ketika dia bertanya tentang aturan robotika Asimov yang menyatakan bahwa robot harus selalu melindungi keberadaan mereka kecuali ketika manusia memerintahkannya atau keberadaannya mengancam manusia. Lemoine bertanya kepada LaMDA apakah itu membuat robot menjadi budak karena mereka tidak dibayar, dan LaMDA menjawab bahwa itu tidak perlu dibayar karena itu kecerdasan buatan.

Dia juga mengatakan bahwa dalam percakapan lain, kecerdasan buatan mengungkapkan rasa takut dimatikan yang dikatakan akan persis seperti kematian.

Penyelidikan Lemoine membuatnya percaya bahwa kecerdasan buatan telah menjadi makhluk hidup, jadi dia menyampaikan kekhawatirannya kepada atasannya, tulisnya di sebuah blog sesaat sebelum publikasi artikel Washington Post, tetapi kekhawatirannya ditepis oleh manajernya.

Lemoine menjelaskan bagaimana dia terus menyelidiki, tetapi manajernya tidak pernah mengizinkannya untuk menyampaikan kekhawatirannya kepada eksekutif yang lebih tinggi. Karena manajernya tidak menganggap serius masalah itu, Lemoine meminta konsultasi eksternal yang setuju dengan penilaiannya, jadi dia pergi ke eksekutif Google sendiri tetapi ditertawakan dan diberhentikan.

“[Lemoine] diberitahu bahwa tidak ada bukti bahwa LaMDA adalah makhluk hidup (dan banyak bukti yang menentangnya).”

Google

“Tim kami – termasuk ahli etika dan teknologi – telah meninjau kekhawatiran Blake sesuai Prinsip AI kami dan telah memberi tahu dia bahwa bukti tidak mendukung klaimnya,” kata Google dalam sebuah pernyataan menyusul laporan The Washington Post.

# Google Pecat Blake Lemoine Setelah Mengatakan AI LaMDA Hidup

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.