BERITABerita Nasional

Kadis Disparbud Sikka Mengapresiasi Kegiatan SLKL Yang Diselenggarakan Direktorat KMA

Kadis Disparbud Sikka Mengapresiasi Kegiatan SLKL Yang Diselenggarakan Direktorat KMA

Kadis Disparbud Sikka Mengapresiasi Kegiatan SLKL Yang Diselenggarakan Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (reinha.com)

REINHA.com – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, Ferdinand Evensius Edomeko, S. Fil mengapresiasi kegiatan Sekolah Lapang Kearifan Lokal (SLKL) yang akan diselenggaran di Kabupaten Sikka oleh Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (KMA) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kegiatan SLKL ini bertujuan menghasilkan Pandu Budaya yang kreatif, dimana para Pandu Budaya akan turun ke desa-desa untuk menelusuri, mencatat dan mendokumentasikan kekayaan kebudayaan di Kabupaten Sikka, khususnya tentang pangan lokal.

“Kenapa pangan lokal, selain karena pangan lokal di Kabupaten Sikka berfariasi, ada persoalan serius yang kita hadapi saat ini, dimana masyarakat kurang suka dan merasa tertinggal jika mengkonsumsi pangan lokal dan lebih memilih mengkonsumsi makanan pabrik yang malah mendatangkan penyakit” terang Evensius Edomeko.

Evensius pun membandingan usia pada jaman nenek moyang yang bisa mencapai angaka 90 sampai 100 tahun bahkan lebih, dimana di era sekarang di usia 50 sampai 60 tahun sudah mengalami sakit, salah satu penyebabnya adalah karena produk makanan yang dikomsumsi masyarakat.

Lebih lanjut lagi Evensius Edomeko menjelaskan bawah program SLKL ini tidak hanya untuk menggali kekayaan dan keanekaragaman pangan lokal tetapi juga menggali unsur budaya dan kearifan yang ada dibalik pangan tersebut.

Sebagai contoh peristiwa menanam padi, tidak hanya berbicara tentang menanam padi saja tetapi juga ada ritus atau upacara adat didalamnya. Peristiwa adat tersebut memiliki nilai dan makna positif yang harus digali oleh Pandu Budaya.

Evensius pun mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah memilih Sikka untuk menggelar kegiatan SLKL.***(Jhoe Wain)

# Kadis Disparbud Sikka Mengapresiasi Kegiatan SLKL Yang Diselenggarakan Direktorat KMA

Leave a ReplyCancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version