Tips Agar Tetap Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Tips Agar Tetap Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa
@u-report

REINHA.com – Puasa dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Selama berpuasa diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga, seringkali bila tiba waktunya untuk berbuka puasa, kebanyakan orang akan kalap dan terburu-buru saat makan, atau pada saat sahur terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan porsi yang berlebihan.

Bila terlalu banyak makan saat berbuka maupun sahur bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Berikut beberapa tips agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa :

1. Konsumsi air putih dengan pola 2-4-2

Dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih perhari akan menjaga keseimbangaan hidrasi dalam tubuh. Hindari minum yang berlebihan karena bisa menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia. Maka dari itu kita perlu mengatur pola minum dari saat berbuka puasa hingga menjelang sahur. Pola 2-4-2 bisa kita terapkan, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur.

2. Konsumsi buah yang banyak mengandung air

Seorang pakar kesehatan menyarankan bahwa saat sahur sebaiknya mengkonsumsi buah yang langsung dimakan jangan di jus. Dalam buah terkandung serat, vitamin dan kandungan air yang tinggi, yang akan membuat tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Selain itu kadar karbohidrat yang terkandung dalam buah, akan terserap dalam tubuh yang akan diolah menjadi energi yang dipergunakan selama menjalankan puasa.

(Baca juga: Lima Resep Kolak Untuk Berbuka Puasa)

3. Makanan kaya serat dan protein

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, serat serta rendah kalori. Mengkonsumsi sayuran membuat cepat merasa kenyang, sehingga lebih sedikit makanan utama yang akan dimakan. Dan dengan protein, misalnya telur, ikan, daging, keju, kacang-kacangan, membuat tubuh tetap bisa mempertahankan massa otot.

4. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Saat berbuka, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis, namun bukan berarti semua makanan manis perlu dimakan. Sebaiknya minumlah jus buah sebagai asupan gula alami, ataupun mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk.

5. Tidak dianjurkan makan berat saat berbuka puasa

Gangguan pencernaan sering terjadi karena kita terlalu memaksakan pencernaan bekerja, yang selama beberapa jam tidak melakukan pekerjaannya. Saat berbuka tujuannya bukanlah untuk makan atau minum sebanyak-banyaknya tapi lebih kepada menambah energi yang berkurang selama berpuasa.

Selain itu, langsung mengkonsumsi nasi saat berbuka puasa, bisa mengakibatkan naiknya gula darah secara drastis yang bisa berakibat tubuh menjadi lemas dan mengantuk, sehingga sulit untuk menjalankan ibadah sholat Tarawih.

# Tips Agar Tetap Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.