Keuntungan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks)

Keuntungan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks)

Ilustrasi kanker serviks @u-report

REINHA.com – Kanker leher rahim (Kanker Serviks) adalah kanker yang terjadi pada leher rahim, dimana leher rahim merupakan suatu area yang menghubungkan rahim dengan Miss V.

Berdasarkan data dari Global Cancer Observatory (GCO) pada tahun 2012, kanker serviks menduduki peringkat ke -7 secara global dalam segi angka kejadian (urutan ke-6 di negara berkembang) dan urutan ke-8 sebagai penyebab kematian (menyumbangkan 3,2 persen mortalitas, sama dengan angka mortalitas akibat leukimia). Kanker serviks menduduki urutan tertinggi di negara berkembang, dan urutan ke-10 pada negara maju atau urutan ke-5 secara global. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) RI 2013, kanker serviks di Indonesia mencapai angka 0,8 persen dengan jumlah penderita sebanyak 98.692 orang.

(Baca juga: Edukasi Dan Informasi Tentang Filariasis (Penyakit Kaki Gajah))

Perempuan yang berisiko terkena kanker serviks adalah yang berusia di atas 30 tahun, dengan puncak usia tersering adalah 45-54 tahun dengan riwayat multipara (wanita yang telah melahirkan lebih dari dua kali). Perempuan yang telah melakukan hubungan seksual, mengalami infeksi kelamin, trauma pada serviks, merokok, ataupun gangguan sistem kekebalan memiliki risiko tinggi mengidap kanker serviks.

Pencegahan yang bisa di lakukan untuk terhindar dari kanker serviks berupa deteksi dini kanker leher rahim. Deteksi dini ini dilakukan bisa dengan melakukan tes IVA (Infeksi Visual Asetat) dan Pap Smear. Keuntungan yang bisa dirasakan dari deteksi dini ini yaitu :

1. Menurunkan angka kejadian kasus kanker rahim
Deteksi dini dengan frekuensi 5 tahun sekali dapat menurunkan kasus kanker leher rahim 83,6 persen
2. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran wanita tentang kanker serviks dan masalah kesehatan reproduksi lainnya
3. Meningkatkan akses pelayanan kesehatan dan menekan biaya pengobatan
4. Meningkatnya presentasi untuk sembuh
Bila saat melakukan deteksi dini positif terkena kanker serviks, penanganan yang akan diterima juga semakin cepat, tingkat kesembuhan pun akan menjadi tinggi
5. Penanganan yang diterima lebih sederhana
Penemuan kanker lebih dini, menghasilkan terapi yang akan diberikan lebih sederhana. Bisa dengan hanya pengangkatan rahim, radioterapi saja atau kemoterapi.

# Keuntungan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks)

  • 3
    Shares