Aoshima Island, Pulau Di Jepang Yang Dikuasai Kucing

Aoshima Island, Pulau Di Jepang Yang Dikuasai Kucing

REINHA.com – Sebuah pulau terpencil di selatan Jepang, Aoshima Island, memiliki populasi kucing yang bahkan lebih banyak dari populasi penduduknya. Awalnya beberapa ekor kucing didatangkan ke pulau kecil ini untuk membasmi hama tikus yang mendiami kapal-kapal nelayan, namun kini kucing-kucing itu telah menjadi penguasa pulau.

Lebih dari 120 ekor kucing liar hidup damai di Aoshima Island, bersama dengan hanya segelintir penduduk pulau. Pulau ini awalnya dihuni oleh sekitar 900 orang penduduk, namun setelah perang dunia kedua, sebagian besar warga meninggalkan Aoshima Island untuk bekerja di di daratan Jepang.

Aoshima Island, Pulau Di Jepang Yang Dikuasai Kucing

Penduduk yang tersisa hanya sejumlah pensiunan dan pekerja yang mengantarkan turis ‘pecinta kucing’ yang kini berdatangan ke Aoshima Island. Pulau ini tidak lah menarik bagi wisatawan, tidak ada restoran, penginapan, mobil, atau kios-kios makanan. Namun bagi mereka pecinta kucing, pulau ini sangat menyenangkan.

Kucing-kucing hidup dimanapun mereka mereka suka. Mereka tidur di rumah-rumah yang ditinggalkan pemiliknya dan di perahu-perahu nelayan. Mereka berkeliaran di jalan-jalan dan di dermaga.

“Ada satu ton kucing disini, kemudian ada seseorang yang akan memberi makan kucing-kucing itu. Ini cukup menyenangkan, jadi aku ingin datang lagi” ucap Makiko Yamasaki, 27 tahun, turis yang datang ke pulau itu, seperti dilansir Dailymail, 3 Maret 2015.

Adanya pulau kucing yang memberikan daya tarik tersebut, maka tidak mengherankan jika Jepang terkenal dengan ‘Hello Kitty’, tokoh kartun Jepang yang lucu. Walaupun begitu, warga pulau tetap berusaha menjaga populasi kucing di pulau tersebut, hingga kini setidaknya 10 ekor kucing telah di kebiri. (rsn-reinha)