Ditemukan Tanaman Langka Pendeteksi Tambang Berlian

Ditemukan Tanaman Langka Pendeteksi Tambang Berlian

REINHA.com – Sebuah tanaman langka yang tumbuh di Liberia, Afrika Barat, baru-baru ini diidentifikasi oleh para ahli sebagai tanaman yang mampu mendeteksi keberadaan tambang berlian. Tanaman bernama Pandanus Candelabrum ini berupa semak berduri yang biasa digunakan sebagai bahan atap rumah penduduk lokal.

Seperti dilansir Mirror, 7 Mei 2015, pandanus candelabrum merupakan tanaman dengan batang mirip seperti akar pohon bakau dan mempunyai daun yang berduri. Tanaman ini mampu tumbuh hingga sepanjang 10 meter.

Uniknya, menurut seorang ahli bernama Stephen Haggerty, tanaman ini hanya tumbuh dalam jumlah yang banyak di atas bebatuan yang di dasarnya terdapat tambang berlian atau disebut kimberlite. Dengan begitu tanaman ini dapat membuat pencarian tambang berlian menjadi lebih mudah dengan biaya yang jauh lebih murah.

“Hal ini secara dramatis dapat mengubah dinamika eksplorasi berlian di Afrika Barat. Tanaman dapat dijadikan sebagai pemetaan geobotanikal dan pengambilan sampel dengan biaya yang lebih murah sekalipun di medan yang sulit” ucap Haggerty.

Kini Haggerty sedang melakukan penelitian lanjutan terhadap tanaman tersebut. Haggerty ingin mengetahui apakah tanaman tersebut dapat terlihat dan dikenali lewat pencarian menggunakan helikopter atau lewat citra satelit. Jika ternyata bisa dikenali maka hal ini akan mempermudah negara-negara di Afrika Barat untuk menggali kekayaan alam mereka. (rsn-reinha)