BERITABerita Dunia

Koleksi Fosil Terbesar Di Dunia Ditemukan Di Argentina

Koleksi Fosil Terbesar Di Dunia Ditemukan Di Argentina

Koleksi Fosil Terbesar Di Dunia Ditemukan Di Argentina

REINHA.com – Para peneliti baru-baru ini menemukan situs berisi koleksi fosil terbesar dan paling beragam di dunia. Situs yang terletak di Patagonia, Argentina, ini memiliki luas 23.000 mil persegi atau sekitar 60.000 kilometer persegi. Di lokasi ini terdapat banyak fosil hewan maupun tumbuhan yang berasal dari sekitar 140 hingga 160 juta tahun yang lalu.

Garcia Massini, ahli geologi dari Regional Center for Scientific Research and Technology Transfer (CRILAR), yang juga merupakan salah satu dari tim peneliti, mengungkapkan bahwa di situ ini terdapat jumlah dan keragaman fosil terbanyak jika dibandingkan dengan situs-situs lain yang sebelumnya telah ditemukan.

“Tidak ada tempat lain di dunia yang mengandung jumlah dan keragaman fosil seperti di situs ini. Situs ini sangat istimewa untuk beberapa alasan, situs ini mempertahankan kondisi fosil dengan sangat baik, juga menyimpan organisme keras dan bertubuh lunak, tidak seperti kebanyakan deposit fosil lainnya” ucap Garcia, seperti dilansir Dailymail, 1 Maret 2016.

Menurut Garcia, pada 140 hingga 160 juta tahun yang lalu, di lokasi ini terdapat air panas yang keluar dari geyser, yang menciptakan kolam dangkal perairan, lahan basah dan lahan lebak di mana berbagai kelompok tanaman, hewan dan organisme mikroskopis hidup.

“Anda dapat melihat pemandangan seperti itu muncul di Film Jurassic Park, bagaimana termal perairan, danau dan sungai serta tanaman dan bagian lain dari ekosistem didistribusikan. Dunia Jurassic datang sebelum Cretaceous satu, ketika segala sesuatu menjadi lebih modern”

“Ini berarti dengan adanya situs di Patagonia kita bisa belajar tentang bagaimana terestrial ekosistem di mana struktur dan fungsi sebelum modernisasi. Situs fosil yang paling mirip dikenal adalah Rhynie Rijang di Skotlandia, dan dua kali lebih tua dari yang di Patagonia. Perbedaannya adalah di Patagonia bebatuan dalam kondisi baik dan struktur yang lengkap” lanjut Garcia. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.