Uncategorized

Gempa Kembar Berkekuatan Tinggi Guncang Ekuador

Gempa Kembar Berkekuatan Tinggi Guncang Ekuador

Gempa Kembar Berkekuatan Tinggi Guncang Ekuador

REINHA.com – Gempa kembar berkekuatan 5,9 dan 6,4 skala richter menguncang pantai Ekuador pada dini hari waktu setempat, Senin, 11 Juli 2016. Kedua gempa tersebut melanda daerah sekitar 32 km barat laut dari Rosa Zarate, sebuah kota dengan penduduk sebanyak 60 ribu jiwa di provinsi Hotan, Ekuador.

Gempa pertama dengan gempa kedua hanya terpisah 10 menit. Getaran dari kedua gempa tersebut dirasakan di seluruh wilayah dan membuat kepanikan banyak orang. Penduduk kota melarikan diri dan berkumpul di jalan-jalan.

Seperti dilansir RT News, 11 Juli 2016, warga melaporkan bahwa terjadi pemadaman listrik di beberapa bagian provinsi Hotan. Namun belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun korban jiwa. Badan geologi juga tidak mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa tersebut.

Pemerintah Hotan mengatakan bahwa mereka meliburkan kegiatan sekolah di Hotan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Kegiatan sekolah juga dihentikan di provinsi Manavi, menunggu pemeriksaan dari kemungkinan adanya kerusakan.

Penduduk khawatir gempa kembar ini merupakan susulan dari gempa mematikan yang terjadi pada April lalu yang telah merenggut nyawa sedikitnya 661 jiwa dan menyebabkan 27 ribu orang luka-luka. Namun Presiden Ekuador, Rafael Correa, menghimbau warganya untuk tetap tenang dalam menghadapi bencana gempa bumi.

Ekuador terletak di wilayah lempengan gempa Nazca, dan telah mengalami beberapa kali gempa bumi kuat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tanggal 16 April, Ekuador dihantam gempa sebesar 7,8 skala richter dan menyebabkan kehancuran yang sangat parah. Bulan berikutnya, dua gempa bumi yang salah satunya berukuran 6,8 skala richter kembali terjadi, satu orang tewas dan 85 orang luka-luka. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.