Arkeolog: Pemakaman Suku Viking Terinspirasi Ajaran Islam

Arkeolog: Pemakaman Suku Viking Terinspirasi Ajaran Islam

REINHA.com – Tim arkeolog dari Universitas Uppsala, Swedia, mempelajari barang-barang yang ditemukan di situs pemakaman suku Viking yang berasal dari abad ke-9 dan ke-10. Mereka menemukan bahwa apa yang selama ini dianggap sebagai pola khas suku Viking, ternyata terinspirasi dari ajaran Islam.

Periset memeriksa pakaian dan aksesoris yang diambil dari pemakaman ruang dan pemakaman perahu suku Viking di daerah sekitar ibukota Stockholm, Swedia.

Mereka menemukan apa yang mereka anggap sebagai pola khas Viking Age pada pita perak dan bordir pakaian, ternyata merupakan karakter Kufi yang menyerukan ‘Allah’ dan ‘Ali’, dua tokoh utama dalam ajaran Islam. Kufi adalah sebuah naskah Arab kuno yang berasal dari abad ke-7.

Yang mengherankan, karakter yang sama juga bisa ditemukan di mosaik monumen pemakaman dan mausoleum di Asia Tengah.

Annika Larsson, peneliti arkeologi tekstil di Departemen Arkeologi dan Sejarah Kuno di Universitas Uppsala, percaya bahwa kehadiran karakter Kufi di dua kuburan yang berbeda menunjukkan bahwa kebiasaan pemakaman suku Viking dipengaruhi oleh ajaran Islam.

“Agaknya, kebiasaan pemakaman Viking Age dipengaruhi oleh Islam dan ada gagasan tentang kehidupan kekal di surga setelah kematian” kata Larsson di situs universitas tersebut.

“Benda-benda yang dikuburkan seperti pakaian indah, dijahit halus dengan kain eksotis, hampir tidak mencerminkan kehidupan sehari-hari almarhum, sama seperti pakaian formal zaman kita yang mencerminkan kehidupan kita sehari-hari. Bahan makam yang kaya agaknya dipandang sebagai ungkapan nyata dari nilai-nilai yang mendasarinya” lanjut Larsson.

Penelitian Larsson sebelumnya menyoroti kehadiran sutra Timur di situs makam Viking Era Skandinavia. Di Valsgarde, sebuah peternakan di utara Gamla Uppsala, jumlah kain sutra lebih banyak ditemukan di pakaian orang-orang yang dikuburkan di sana daripada wol dan linen. Larsson yakin ini juga menunjukkan adanya pengaruh Islam di adat suku tersebut. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.