Astronom Temukan Exoplanet Yang Memiliki Salju Tabir Surya

REINHA.com – Para astronom telah menemukan exoplanet yang sangat panas di jarak lebih dari 1.730 tahun cahaya dari bumi. Uniknya di planet tersebut terdapat tabir surya dingin yang berjatuhan ke darat seperti butiran salju.

Exoplanet yang diberi nama Kepler-13Ab dikenal karena iklimnya yang sangat tidak menyenangkan. Planet yang dijuluki dengan sebutan ‘Roaster Planet’ atau ‘Jupiter Panas’ ini secara diam-diam terkunci dengan matahari di sistem tata suryanya.

Hal tersebut mengakibatkan satu sisi planet ini sangat panas, namun di sisi lain terselimuti kegelapan yang permanen. Bagian siang hari dari planet ini memiliki suhu mencapai lebih dari 2700 derajat Celsius. Sementara bagian malam hari turun hujan salju.

Uniknya, hujan salju yang berjatuhan di bagian planet yang gelap berupa butiran tabir surya yang terbuat dari titanium oksida, bahan utama dari sinar matahari.

Titanium oksida dalam bentuk gas mengalami pendinginan dan membentuk gumpalan awan. Gas kemudian jatuh seperti hujan salju.

Para periset dari Pennsylvania State University telah menemukan bahwa titanium oksida tersebut telah dibawa oleh angin kencang dari sisi terang ke sisi gelap planet.

Fenomena aneh yang dikenal sebagai ‘perangkap dingin’ tersebut ditemukan di Kepler-13Ab dengan menggunakan teleskop Hubble NASA. Rincian penemuan ini telah dipublikasikan di Astronomical Journal.

Peneliti memusatkan perhatian pada kondisi atmosfer planet ini, yang 1.000 kali lebih besar dari Bumi, dan menciptakan sebuah model untuk proses cuaca yang menarik. Penulis utama studi tersebut, Thomas Beatty mengatakan bahwa cara penelitian tersebut dapat direplikasi untuk menemukan rahasia tersembunyi dari dunia yang jauh serupa. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.