BERITABerita Dunia

Paus Fransiskus Ingin Ubah Doa Bapa Kami, Ini Alasannya

Paus Fransiskus Ingin Ubah Doa Bapa Kami, Ini Alasannya

Paus Fransiskus Ingin Ubah Doa Bapa Kami, Ini Alasannya
Paus Fransiskus

REINHA.com – Doa Bapa Kami merupakan doa yang paling terkenal dalam agama Kristen. Doa yang diturunkan oleh Yesus Kristus dalam Surat Matius tersebut, telah mendarah daging di benak umat Kristiani. Namun pemimpin gereja Katolik, Paus Fransiskus, ingin melakukan perubahan dalam teks doa tersebut.

Menurut Paus Fransiskus, alasannya mengusulkan perubahan teks Doa Bapa Kami adalah untuk meminimalisir kebingungan yang dialami beberapa orang yang membaca doa tersebut. Bunyi teks yang membingungkan yaitu, “…janganlah memasukkan kami ke dalam pencobaan”.

(Baca juga: Yerusalem Dijadikan Ibu Kota Israel, Erdogan Telpon Putin Dan Paus)

Teks yang ada adalah hasil dari bagaimana doa diterjemahkan dari bahasa aslinya. Dan banyak yang salah memahami bahwa Tuhanlah yang memimpin orang ke dalam pencobaan. Ini tidak akurat karena Tuhan tidak membawa orang ke dalam pencobaan.

Paus Fransiskus menyarankan agar kalimat di atas diterjemahkan kembali agar dibaca, “janganlah membiarkan kami jatuh ke dalam pencobaan”.

Dalam sebuah wawancara, Paus Fransiskus menjelaskan, “Seorang ayah tidak melakukan hal itu, seorang ayah akan segera membantu Anda bangun”.

Agar lebih jelasnya, Paus Fransiskus tidak benar-benar mengubah Doa Bapa Kami, melainkan membersihkan terjemahan untuk memastikan orang mengerti dengan jelas apa yang dimaksud.

Bahasa itu seperti cairan dan berubah seiring berjalannya waktu, maka terjemahan akan diperbarui sesuai dengan kebutuhan.

Proses perubahan teks tersebut telah berlanjut, dimana Gereja Katolik di Perancis telah menyetujui klarifikasi penggunaan kalimat tersebut. Terjemahannya bersifat opsional. Jika adopsi awal dilakukan oleh Gereja Perancis adalah indikasi, maka seluruh dunia dapat mengikuti dengan cepat.

# Paus Fransiskus Ingin Ubah Doa Bapa Kami, Ini Alasannya (jmw-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.