BERITABerita Dunia

Barack Obama Bertemu Dalai Lama Untuk Bahas Perdamaian Dunia

Barack Obama Bertemu Dalai Lama Untuk Bahas Perdamaian Dunia

 Barack Obama Bertemu Dalai Lama Untuk Bahas Perdamaian Dunia
Obama meets Dalai Lama / CNN

REINHA.com – Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, bertemu dengan Dalai Lama pada hari Jumat, 1 November 2017, di New Delhi, India. Dalam pertemuan selama sekitar 45 menit, kedua peraih Nobel Perdamaian itu membahas tentang perdamaian dunia, kasih sayang dan altruisme.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan yang keenam antara Obama dan Dalai Lama, dan yang pertama sejak Obama meninggalkan jabatannya sebagai Presiden AS pada Januari 2017. Obama mengunjungi India dalam rangkaian perjalanannya selama lima hari, termasuk kunjungan ke China dan Perancis.

“Pertemuan ini sangat bagus, saya pikir kita ini benar-benar dua teman lama yang dapat dipercaya” ucap Dalai Lama mengomentari pertemuan tersebut, menurut laporan dari Administrasi Tibet Tengah yang berbasis di India.

Kasur Tempa Tsering, seorang perwakilan dari kantor Dalai Lama, mengatakan kepada Departemen Informasi dan Hubungan Internasional Pemerintah bahwa pertemuan selama 45 menit tersebut mencakup sebuah diskusi tentang “mempromosikan perdamaian di dunia sekarang ini yang dilanda oleh perselisihan dan kekerasan”.

“Kepada Obama, Yang Mulia berkata, ‘Anda bukan hanya mantan presiden AS tapi Anda seorang peraih Nobel, Anda masih muda dan Anda dapat melakukan banyak hal. Kita harus memenuhi aspirasi kita untuk perdamaian dunia. Mungkin generasi saya tidak akan melihat hasilnya, tapi generasi Anda pasti akan melihat hasilnya’ “kata Kasur Tempa Tsering, menurut laporan tersebut.

(Baca juga: Program Makan Sehat Ala Michelle Obama Akan Dihentikan)

Dalai Lama secara resmi pensiun pada tahun 2011 dari peran politiknya sebagai pemimpin pemerintah Tibet yang diasingkan. Namun beliau tetap menjadi kepala umat Buddha Tibet, yang kerap dicemooh oleh pemerintah China.

Pertemuan Obama dengan Dalai Lama kali ini membuat marah orang-orang China. Di mana AS di bawah pemerintahan Obama tidak mendukung Tibet yang independen atau menganggap Dalai Lama sebagai kepala negara. Sebaliknya, Obama mendukung beberapa orang Tibet yang disebut “jalan tengah” yang mempertahankan warisan agama dan budaya negara itu sambil mempertahankan peraturan politik China.

Menurut Pemerintah Tibet Pusat, Obama melakukan pertemuan dengan Dalai Lama empat kali di Gedung Putih: 18 Februari 2010, 16 Juli 2011, 21 Februari 2014, dan 15 Juni 2016, dan dua kali bertemu pada tahun 2005, ketika Obama menjabat sebagai anggota Senat.

# Barack Obama Bertemu Dalai Lama Untuk Bahas Perdamaian Dunia (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.