PARIWISATA

Bridegrooms Oak, Pohon Unik Paling Romantis Di Dunia

Bridegrooms Oak, Pohon Unik Paling Romantis Di Dunia

Bridegrooms Oak, Pohon Unik Paling Romantis Di Dunia
@bbc

REINHA.com – Sebuah pohon ek berusia 500 tahun berdiri kokoh di Brautigamseiche, Autin, Jerman. Pohon yang disebut Der Bräutigamseiche (Bridegrooms Oak) ini bukan pohon tua biasa, karena hingga sekarang pohon ini dilaporkan bertanggung jawab atas lebih dari 100 pernikahan.

Sejak tahun 1984, pohon ini telah beralih fungsi sebagai ‘kotak pos’ bagi para jomblo dari seluruh dunia. Ada sebuah lubang di batang pohon ini yang dipercaya dapat mempertemukan seseorang dengan jodohnya.

Pria dan wanita single dari seluruh dunia dapat menuliskan surat cinta mereka dan mengirimkannya ke Bridegrooms Oak dengan alamat khusus yaitu Brautigamseiche, Dodauer Forst, 23701 Eutin. Dalam sehari pohon ini biasanya menerima sebanyak lima hingga enam surat cinta.

(Baca juga: Tanda Cinta, Pria Ini Tanam 4 Mil Bunga Matahari)

Mereka yang mengirimkan surat ke pohon tersebut memiliki banyak harapan, sebagian besar dari mereka berharap segera menemukan pasangan hidup.

Seperti Marie dari Brandenburg yang ingin mendapatkan pasangan seorang pria yang bisa menari. Heinrich dari Saxony, yang sedang mencari pasangan yang gemar travelling. Dan Liu dari Shijiazhuang, China, yang hanya ingin tahu apakah ada wanita Jerman yang menginginkan teman Tionghoa.

Uniknya, siapapun yang datang bisa membaca isi surat yang sampai ke pohon tersebut dan siapapun boleh memberikan balasan kepada pengirimnya. Karena itu tidak jarang yang akhirnya menjalin hubungan dari saling membalas surat yang ada di Bridegrooms Oak.

Bridegrooms Oak, Pohon Unik Paling Romantis Di Dunia
Tangga setinggi 3 m mengarah ke lubang kecil tempat orang mengirim surat cinta di pohon berumur 500 tahun (Kredit: Eliot Stein)

“Ada sesuatu yang sangat ajaib dan romantis tentang hal itu” kata Karl Heinz Martens, 72 tahun, yang berprofesi sebagai tukang pos dan telah mengirimkan surat-surat ke pohon itu selama 20 tahun terakhir.

“Lewat internet, pasangan dipertemukan dengan memberikan fakta dan pertanyaan yang cocok dengan mereka. Tapi di pohon itu, ini adalah kebetulan yang indah, seperti takdir” lanjut Martens.

Kisah romantis Bridegrooms Oak berawal dari tahun 1890, saat itu seorang gadis bernama Minna jatuh cinta dengan seorang pemuda pembuat coklat bernama Wilhelm. Ayah Minna melarangnya bertemu Wilhelm, jadi keduanya diam-diam menulis surat cinta, dan meletakkan surat mereka ke lubang di batang pohon ek tersebut.

Pasangan ini terus berkirim surat lewat lubang pohon ek, hingga satu tahun kemudian ayah Minna akhirnya mengabulkan keinginan putrinya untuk menikah dengan Wilhelm. Kedua menikah pada tanggal 2 Juni 1891 di hadapan pohon ek tersebut.

Kisah cinta sepasang kekasih bak dongeng ini pun menyebar, dan tidak perlu menunggu lama, pria dan wanita di seluruh Jerman yang sulit menemukan pasangan mulai menulis surat cinta kepada Bridegrooms Oak.

Pohon itu menerima begitu banyak surat sehingga pada tahun 1927, layanan pos Jerman, Deutsche Post, memberi kode pos dan tukang pos khusus untuk mengantar surat ke alamat pohon tersebut. Mereka juga meletakkan tangga agar siapapun bisa menjangkau lubang pohon dan membuka surat-surat yang datang.

Martens menjelaskan bahwa hanya ada satu peraturan untuk para pengunjung yang membuka surat-surat itu, “Jika Anda membuka surat yang tidak ingin Anda jawab, Anda harus meletakkannya kembali di lubang pohon agar bisa ditemukan orang lain”.

“Pohon itu menerima sekitar 1.000 huruf dalam setahun” kata Martin Grundler, juru bicara Deutsche Post. “Sebagian besar datang di musim panas. Kurasa itulah saat semua orang ingin jatuh cinta. ”

Legenda lain dari pohon itu mengatakan bahwa jika seorang wanita yang sudah memiliki kekasih berjalan mengelilingi pohon ek sebanyak tiga kali di bawah bulan purnama sambil memikirkan kekasihnya, tanpa berbicara atau tertawa, dia akan menikah di tahun yang sama.

# Bridegrooms Oak, Pohon Unik Paling Romantis Di Dunia (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.