Polisi Tangkap 5 Anggota Muslim Cyber Army, Sindikat Penyebar Isu Provakatif

Polisi Tangkap 5 Anggota Muslim Cyber Army, Sindikat Penyebar Isu Provakatif

Polisi Tangkap 5 Anggota Muslim Cyber Army, Sindikat Penyebar Isu Provakatif
Tersangka kelompok ‘The Family MCA’ (Foto: Dok. Istimewa)

REINHA.com – Tim Cyber Crime Bareskrim Polri dan tim dari Dit Kamsus Badan Intelijen Kepolisian (BIK) berhasil menangkap jaringan penyebar berita hoax yang tergabung dalam kelompok muslim cyber army (MCA).

Serangkaian penangkapan dilakukan pada hari Senin (26/2) di beberapa kota, yakni Jakarta, Sumedang, Bali, Pangkal Pinang (Babel), dan juga ada yang ditangkap di Korea Selatan.

(Baca juga: Ini Respon Mulan Jameela Saat Dituduh Meniru Maia Estianty)

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun REINHA.com, kelompok ini sering kali melemparka isu provokatif di media sosial seperti isu kebangkitan PKI, penculikan ulama dan sering melakukan penyerangan teradap nama baik presiden, pemerintah dan tokoh tertentu.

Kabarnya kelompok ini juga menyebarkan virus kepada lawan atau orang lain yang berakibat merusak perangkat elektronik penerima.

Mereka yang ditangkap terkait Muslim Cyber Army yakni M Luth (39) di Jakarta Utara, Rizki Surya (34) ditangkap di Babel, Ramdan Saputra (38) ditangkap di Bali, Yuspiadin ditangkap di Sumedang, Jabar, dan, Suhendra yang ditangkap di Korea Selatan, dikutip dari kumparan.

(Baca juga: Turki Kirim Pasukan Khusus Ke Afrin, Suriah Dalam ‘Persiapan Pertarungan Baru’)

Para pelaku sudah dibawa ke Mabes Polri. Mereka diduga sengaja menunjukkan kebencian atau rasa benci kepada orang lain berdasarkan diskriminasi Ras dan Etnis (SARA). Kemudian mereka juga diduga dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh melakukan tindakan yang menyebabkan terganggunya sistem elektronik dan atau membuat sistem elekteonik tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Para pelaku ini dijerat dengan pasal 45A ayat (2) Jo pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan/atau pasal Jo pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau pasal 33 UU ITE.

# Polisi Tangkap 5 Anggota Muslim Cyber Army, Sindikat Penyebar Isu Provakatif

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.