China Bantu Pembangunan Rudal Pakistan Dengan Memberi Sistem Pelacakan Canggih

China Bantu Pembangunan Rudal Pakistan Dengan Memberi Sistem Pelacakan Canggih

Faisal Mahmood/Reuters

REINHA.com  – China dikabarkan memberikan Pakistan sistem pelacakan optik yang sangat canggih yang akan digunakan dalam program rudalnya. Langkah ini merupakan gebrakan nyata untuk India, yang merupakan saingan regional utama China.

Pengiriman sistem tersebut dilaporkan oleh Chinese Academy of Sciences (CAS) dalam sebuah pernyataan, South China Morning Post (SCMP) melaporkan pada hari Kamis. Ini adalah kesempatan langka bagi Beijing untuk secara terbuka mengkonfirmasi ekspor peralatan militer sensitif yang dapat menimbulkan kontroversi di negara lain. Kesepakatan itu, kata pernyataan itu, adalah yang pertama dari yang disediakan oleh China kepada pembeli asing.

Sistem, yang dipasang oleh para ahli Cina pada rentang pengujian militer Pakistan yang tidak disebutkan namanya, adalah alat yang berharga untuk menguji teknologi rudal. Alat ini memiliki empat kamera berkecepatan tinggi, memiliki resolusi tinggi yang dilengkapi dengan optik yg kuat, laser ranger, dengan sistim kontrol otomatis yang memungkinkannya untuk melacak target yang diinginkan. Kamera-kamera dipasang di lokasi yang berbeda dan disinkronkan dengan jam atom sehingga rekaman yang diambil oleh mereka dapat diatur secara tepat terhadap satu sama lain.

(Baca juga: Paus Fransiskus Minta Maaf Pada PSK Korban Kejahatan Umat Katolik)

Perangkat ini dapat digunakan untuk mempelajari secara rinci momen-momen penting dari penyebaran misil seperti proses peluncuran, pemisahan tahap, atau hulu ledak yang melibatkan targetnya. Menurut pernyataan itu, sistem pelacakan China jauh lebih unggul daripada yang telah berhasil dikembangkan oleh Pakistan di dalam negeri, dan kinerjanya “melampaui harapan pengguna.”

“Kami hanya memberi mereka sepasang mata. Mereka dapat menggunakannya untuk melihat apa pun yang ingin mereka lihat, bahkan Bulan, ”kata SCMP Zheng Mengwei, seorang peneliti dari Institut Optik dan Elektronik CAS di Chengdu, provinsi Sichuan, yang terlibat dalam pengembangan sistem.

Pengungkapan pengiriman yang dibuka secara publik ini bisa menjadi cara Beijing mengirim pesan kepada musuh Pakistan.

Bagi China, Pakistan adalah komponen kunci dalam pembangunan infrastruktur perdagangan besar-besaran yang terencana yang dijuluki One Belt One Road. Beijing telah menginvestasikan lebih dari $ 60 miliar ke jalan jalan Pakistan dan fasilitas pelabuhan di bawah proyek Koridor Ekonomi China-Pakistan.

India, kekuatan yang sedang naik di Asia, memiliki sejarah panjang persaingan dengan China yang terkadang memanas. Satu insiden terjadi anatara kedua negara tahun lalu atas sebidang kecil tanah yang disengketakan di negara berbatasan dengan Bhutan.

Beberapa pengamat mengatakan India mungkin menjadi target AS dalam upaya untuk merusak kekuatan China yang semakin meningkat, terutama karena risiko perang perdagangan terbuka antara Washington dan Beijing semakin kuat di bawah pemerintahan Trump.

# China Bantu Pembangunan Rudal Pakistan Dengan Memberi Sistem Pelacakan Canggih