Lima Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Lima Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
Thinkstock

REINHA.com – Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dibandingkan dengan apapun. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan yaitu dengan mengistirahatkan sejenak tubuh kita.

Puasa makan dan minum, menahan rasa lapar dan dahaga dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun perlu diingat bahwa puasa harus dilakukan dengan sehat agar bisa tercapai manfaat secara fisik dan psikis.

(Baca juga: Lima Jenis Buah Yang Paling Baik Untuk Detoks)

Terdapat 5 manfaat puasa untuk kesehatan:

1.Baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah

Saat berpuasa, tubuh akan meingkatkan HDL (lemak baik) dan menurunkan LDL (lemak jahat). Selain itu, produksi hormon adrenalin akan berkurang, sehingga pembuluh darah perifer akan melebar, tekanan serta volume darah ke jantung menurun. Hal ini membuat jantung berdetak dengan lebih teratur.

2.Mengurangi lemak

Puasa yang dibarengi dengan konsumsi makanan sehat akan menghasilkan pengurangan lemak dalam jumlah yang signifikan. Karena selama menjalani puasa, lemak yang merupakan cadangan sumber energi akan dipergunakan sehingga berat badan akan berkurang.

3.Kekebalan tubuh meningkat

Ketika seseorang berpuasa, maka akan terjadi peningkatan limfosit (sel darah putih) sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya. Hal ini akan membuat tubuh mempunyai sistem imunitas yang baik yang dapat menghindarkan diri dari berbagai virus, baik itu dari lingkungan ataupun dari makanan yang dimakan.

4.Detoksifikasi tubuh

Puasa dapat mengeluarkan racun yang menumpuk dalam tubuh. Saat berpuasa, secara alamiah usus akan membersihkan diri. Disaat yang sama hati dan lambung akan beristirahat. Hati sebagai tempat menyaring semua yang dikonsumsi, dihirup, bahkan yang diserap kulit, akan memiliki waktu untuk beristirahat. Begitu juga dengan lambung, yang bisa beristirahat setelah sekian lama selalu menampung makanan, baik itu yang sehat maupun yang tidak.

5.Sehat secara psikis

Selain menahan lapar dan dahaga, diharuskan dalam berpuasa untuk menjaga amarah. Keadaan psikis yang tidak dipenuhi dengan amarah saat berpuasa dapat menurunkan produksi adrenalin. Karena, saat marah jumlah aderenalin akan meningkat, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah, menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung.

# Lima Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

  • 1
    Share