Amerika Akan Menaikkan Tarif Impor China Pada Bulan Juni

Amerika Akan Menaikkan Tarif Impor China Pada Bulan Juni

AFP/GETTY

REINHA.com – Pemerintah Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka berencana akan menaikkan tarif impor China pada pertengahan bulan Juni. Nilai tariff diperkirakan 25%, namun daftar akhirnya baru akan dipublikasikan pada tanggal 15 Juni mendatang.

Pengumuman disampaikan oleh Gedung Putih pada hari Selasa, 29 Mei 2018, setelah sebelumnya sejumlah kritik menuduh pemerintah AS akan bersikap lunak terhadap China karena Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan bahwa kenaikan tarif akan ditahan sementara kedua belah pihak melakukan pembicaraan perdagangan.

“Daftar akhir dari impor tertutup akan diumumkan pada 15 Juni 2018, dan tarif akan dikenakan pada impor tersebut segera sesudahnya” menurut pengumuman tersebut.

Sementara itu Pemerintah China mengaku terkejut dengan langkah yang diambil AS. Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Perdagangan China menyerukan AS untuk bertindak sesuai kesepakatan dalam pembicaraan sebelumnya.

“Ini jelas bertentangan dengan konsensus yang dicapai antara belah pihak di Washington belum lama ini” sebut pernyataan tersebut.

(Baca juga: Deplu AS Peringatkan Staf Di China Untuk Mewaspadai Serangan Sonik)

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke China minggu ini. Perjalanan ini menyusul pembicaraan di Washington pada bulan Mei. Itu diakhiri dengan janji China untuk membeli lebih banyak produk pertanian dan energi AS, tetapi sedikit komitmen yang kuat.

Tarif dan pembatasan investasi, serta kasus yang dibawa oleh AS terhadap China sebelum Organisasi Perdagangan Dunia, adalah hasil dari penyelidikan AS yang diluncurkan tahun lalu ke dalam praktik kekayaan intelektual di China.

AS mendorong China untuk mengurangi pajak impor dan menghentikan praktik-praktik yang diduga mendorong transfer kekayaan intelektual ke perusahaan-perusahaan China, seperti persyaratan bahwa perusahaan asing berbagi kepemilikan dengan mitra lokal untuk mengakses pasar China.

Namun, pemerintahan AS terpecah antara kelompok yang khawatir tentang perang dagang dan kelompok garis keras yang menyerukan tindakan yang lebih kuat.

Pejabat AS menerbitkan draf pertama dari item yang ditargetkan untuk tarif potensial musim semi ini, memicu periode untuk komentar dan umpan balik. Daftar awal termasuk sekitar 1.300 item, termasuk perangkat medis dan mesin industri.

# Amerika Akan Menaikkan Tarif Impor China Pada Bulan Juni (rsn-reinha)

  • 7
    Shares