Kementerian LHK Melakukan Kegiatan Pembersihan Pesisir Pantai Serentak Di Bali

Kementerian LHK Melakukan Kegiatan Pembersihan Pesisir Pantai Serentak Di Bali

Kementerian LHK Melakukan Kegiatan Pembersihan Pesisir Pantai Serentak Di Bali
Pembersihan Pesisir secara serentak di Bali

REINHA.com – Sebagai aksi nyata mengendalikan pencemaran pesisir laut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kegiatan Coastal Clean Up (CCU) atau Pembersihan Pesisir secara serentak di 7 lokasi Kabupaten atau Kota di Provinsi Bali degan kegiatan utama di Pantai Tanjung Benoa (11/05).

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), M.R. Karliansyah menyatakan bahwa kegiatan CCU di Provinsi Bali menjadi sangat penting karena Bali adalah salah satu objek wisata strategis nasional yang ditopang dengan wisata bahari.

(Baca juga: Seorang Oknum Polisi Ditangkap Karena Diduga Merobek Al-Quran)

Berdasarkan survei Ditjen PPKL yang dilakukan di 18 Kabupaten atau Kota pada tahun 2017, diketahui estimasi total sampah laut sekitar 1,2 juta ton dengan rerata timbulan sampah laut sebanyak 106.385 gram/m2.

Kegiatan CCU Tahun 2018 di Bali dilaksanakan melalui bersih-bersih di 3 area yaitu pesisir pantai, perairan laut, dan dasar laut (underwater). Kegiatan dilanjutkan penimbangan sampah laut untuk mengetahui berapa banyak jumlah total sampah laut.

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 3.000 orang yaitu 1.500 orang di Pantai Tanjung Benoa dan masing-masing 250 orang di lokasi lainnya yang terdiri dari masyarakat sekitar, pelajar, TNI, LSM, nelayan, pelaku usah dan, Pemerintah Daerah.

Kegiatan CCU ini menjadi kegiatan yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyakarat terhadap pencemaran pesisir dan laut melalui pengalaman langsung survei dan mengambil sampah dan sumber pencemaran lainnya di pesisir dan pantai secara langsung.

# Kementerian LHK Melakukan Kegiatan Pembersihan Pesisir Pantai Serentak Di Bali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.