BERITABerita Dunia

Korut Akan Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Di Gunung Mantap

Korut Akan Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Di Gunung Mantap

Korut Akan Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Di Gunung Mantap
DigitalGlobe / GettyImages

REINHA.com – Korea Utara mengatakan dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh wartawan asing, bahwa mereka akan membongkar lokasi uji coba nuklir situs Punggye-ri di gunung Mantap. Pembongkaran akan dimulai dalam dua minggu kedepan, antara 23-25 Mei 2018.

Kantor berita KCNA menyebutkan bahwa tanggal pasti pembongkaran situs Punggye-ri akan tergantung pada kondisi cuaca, akan melibatkan peruntuhan semua terowongan menggunakan peledak dan penghilangan semua fasilitas observasi, bangunan penelitian dan pos keamanan.

Langkah ini akan berlangsung tiga minggu sebelum Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Pada bulan April, para pejabat Korea Selatan mengatakan bahwa Kim telah menyatakan bahwa dia “akan melakukan penutupan tempat uji coba nuklir pada bulan Mei”. Kim juga menambahkan bahwa para ahli nuklir dari Korea Selatan dan AS akan diundang untuk menonton.

(Baca juga: Uji Coba Nuklir Terakhir Korut Setara Dengan 10 Bom Nagasaki)

Jurnalis dari Korea Selatan, China, AS, Inggris dan Rusia akan diminta untuk hadir untuk menyaksikan acara tersebut.

Korea Utara mengatakan niat itu untuk memungkinkan “tidak hanya pers lokal tetapi juga wartawan dari negara lain untuk melakukan liputan langsung di tempat untuk menunjukkan secara transparan pembongkaran uji coba nuklir”.

Sebelumnya para ilmuwan telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa gunung Mantap, Korea Utara, yang digunakan sebagai lokasi uji coba nuklir telah mengalami pergeseran dan terancam kerusakan parah setelah peledakan nuklir terakhir pada September 2018.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa kekuatan ledakan itu sekitar 120 hingga 304 kiloton, atau sepuluh kali kekuatan bom yang dijatuhkan di Nagasaki, Jepang, pada tahun 1945.

Gambar dari citra satelit menunjukkan bahwa ledakan tersebut telah memindahkan gunung sejauh 11,5 kaki (3,5 meter) ke arah selatan. Serta membuat gunung menyusut sebanyak 1,6 kaki (0,5 meter).

# Korut Akan Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Di Gunung Mantap (jmw-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.