Telan 80 Kantong Sampah Plastik, Paus Pilot Tewas Di Thailand

Telan 80 Kantong Sampah Plastik, Paus Pilot Tewas Di Thailand

Telan 80 Kantong Sampah Plastik, Paus Pilot Tewas Di Thailand
Atopsi menunjukkan perut ikan paus dipenuhi dengan plastik – Reuters

REINHA.com – Ikan paus di Thailand mati setelah menelan lebih dari 80 kantong plastik. Sebuah atopsi pada paus pilot di provinsi Songkhla bagian selatan, mengungkapkan bahwa usus paus dipenuhi dengan kantong sampah.

Satu tim dokter hewan bekerja selama lima hari untuk membersihkan sampah dari hewan tersebut. Pada akhirnya mereka tidak berhasil menyelamatkan paus tersebut, Departemen Sumber Daya Laut dan Pesisir negara itu melaporkan bahwa paus itu memuntahkan lima kantong plastik tepat sebelum kematiannya pada hari Jumat.

(Baca juga: Penelitian: Sampah Plastik Di Lautan Meningkat Dalam Satu Dekade)

Dalam proses Bedah tim menemukan bahwa perut paus tersebut tersumbat dengan 80 kantong dan barang-barang lainnya dengan berat total 8kg.

Thon Thamrongnawasawat, seorang ahli biologi kelautan dan dosen di Universitas Kasetsart, mengatakan bahwa tas tersebut membuat sulit bagi paus untuk melakukan fungsi pencernaan normalnya. “Jika Anda memiliki 80 kantong plastik di perut Anda, Anda mati,” katanya kepada Sky News.

Thamrongnawasawat menambahkan bahwa setidaknya 300 hewan laut, termasuk paus pilot, penyu dan lumba-lumba, mati di perairan Thailand setiap tahun karena plastik. “Ini masalah besar. Kami menggunakan banyak plastik, ”katanya.

(Baca juga: Menjadi Negara Maritim, Laut Indonesia Dipenuhi Sampah Plastik)

Kepala Departemen Kelautan dan Pesisir Jatuporn Buruspat mengatakan kepada Reuters bahwa departemennya akan menggunakan insiden ini untuk mengkampanyekan kontrol yang lebih ketat pada penggunaan plastik di negara tersebut. “Kami akan menggunakan kasus paus dan mengundang semua sektor untuk menunjukkan niat mereka tentang cara mengurangi penggunaan plastik di Thailand,” katanya.

Kasus ini telah mengejutkan dunia dan menarik perhatian lebih jauh pada masalah sampah plastik di lautan dunia. Menurut catatan  nirlaba Plastic Oceans yang membahasa tentang isu sampah plastik di dunia, 300 juta ton plastik diproduksi setiap tahun, setengahnya digunakan untuk sekali pakai. Lebih dari delapan juta ton plastik dibuang ke lautan setiap tahun.

# Telan 80 Kantong Sampah Plastik, Paus Pilot Tewas Di Thailand

  • 7
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.