Trump Mengancam Kenakan Tarif Tambahan Terhadap Impor China

Trump Mengancam Kenakan Tarif Tambahan Terhadap Impor China

AFP

REINHA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan ancaman akan memberlakukan tarif impor tambahan terhadap barang-barang China senilai $ 200 miliar, jika China menolak untuk menyesuaikan tarif sesuai dengan keputusan Trump sebelumnya.

Pekan lalu, Trump telah mengumumkan bahwa AS akan memberlakukan tarif impor sebesar 25% terhadap barang-barang China senilai $ 50 Miliar. Trump bersikeras bahwa Cina telah secara tidak adil diuntungkan dari ketidakseimbangan perdagangan dengan AS selama bertahun-tahun.

Keputusan tersebut ditanggapi China dengan menuduh AS melakukan ‘pemerasan’. China mengatakan akan melakukan pertimbangan lebih lanjut untuk menyesuaikan tarif dan membalas dengan keputusan pengenaan tarif terhadap produk AS dengan nilai yang sama.

Sebagai balasan atas tanggapan China yang tidak menyenangkan, Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin malam, 18 Juni 2018, bahwa “China sepertinya tidak berniat untuk mengubah praktik tidak adil terkait akuisisi kekayaan dan teknologi intelektual AS. China sekarang mengancam perusahaan Amerika Serikat, pekerja, dan petani yang tidak melakukan kesalahan apa
pun”.

Trump menambahkan bahwa jika China menaikkan lagi tarifnya sebagai balasan atas keputusan AS, pihak AS akan melakukan balasan dengan mengenakan tarif tambahan sebesar 10% atas barang China senilai $ 200 Miliar.

(Baca juga: Amerika Akan Menaikkan Tarif Impor China Pada Bulan Juni)

Dalam pernyataannya, presiden AS mengatakan bahwa dia telah meminta penasihat perdagangannya untuk mengidentifikasi produk-produk tambahan China yang akan dikenakan tarif baru.

“Tarif ini akan berlaku jika China menolak untuk mengubah praktiknya, dan juga jika mereka bersikeras untuk maju dengan tarif baru yang baru-baru ini diumumkan” katanya.

“Jika China menaikkan lagi tarifnya, kami akan memenuhi tindakan itu dengan mengejar tarif tambahan pada barang senilai $ 200 miliar lainnya. Hubungan perdagangan antara Amerika Serikat dan China harus jauh lebih adil”

Langkah itu akan menjadi eskalasi utama dari perselisihan, yang mengancam akan membawa AS dan China ke dalam perang dagang.

Kementerian perdagangan China merespon dengan cepat, mengatakan: “Jika AS bertindak tidak rasional dan mengeluarkan daftar, China tidak akan memiliki pilihan selain mengambil langkah-langkah komprehensif dengan jumlah dan kualitas yang sesuai dan mengambil tindakan yang kuat”

Pasar Asia melemah pada hari Selasa, 19 Juni 2018, sebagai respons terhadap pernyataan terbaru Trump. Pasar saham telah jatuh pada Senin di tengah kekhawatiran memburuknya hubungan perdagangan antara AS dan China.

# Trump Mengancam Kenakan Tarif Tambahan Terhadap Impor China (rsn-reinha)

  • 4
    Shares