KESEHATAN

Ilmuwan Merancang Obat Yang Bisa Memakan Sel Kanker

Ilmuwan Merancang Obat Yang Bisa Memakan Sel Kanker

Ilmuwan Merancang Obat Yang Bisa Memakan Sel Kanker
Getty Images

REINHA.com – Para ilmuwan saat ini sedang meranjang jenis obat khusus yang akan membantu tubuh untuk memakan dan menghancurkan sel-sel kanker. Obat ini telah diuji coba pada tikus dan akan diuji coba pada manusia dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut para ilmuwan pengembang asal Amerika Serikat, obat ini meningkatkan aksi sel darah putih yang disebut makrofag. Makrofag secara alami digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melahap penyerbu yang tidak diinginkan.

Makrofag sudah pandai melawan infeksi bakteri dan virus karena mereka dapat mengenali dan menyerang penjajah asing ini. Tetapi mereka tidak begitu efektif dalam menanggulangi kanker, karena tumor tumbuh dari sel kita sendiri dan memiliki mekanisme cerdas untuk bersembunyi dari serangan kekebalan.

Sementara itu obat yang dirancang oleh Dr Ashish Kulkarni dan rekan-rekannya di Brigham and Women’s Hospital Harvard Medical School yang digunakan dalam studi mereka bekerja dalam dua cara.

(Baca juga: Kekurangan Mikroba Di Awal Kehidupan Sebabkan Kanker Pada Anak)

Pertama, ia menghentikan sel-sel kanker dari bersembunyi dan mengirimkan sinyal “jangan makan saya” ke makrofag. Kedua, mencegah tumor memberitahukan makrofag untuk berubah menjadi jinak.

Serangkaian tes yang telah dilakukan pada tikus menunjukkan terapi obat ini bekerja efektif untuk beberapa jenis tumor, salah satunya tumor kulit yang agresif.

Ini adalah obat “supramolecule” yang dibangun dari molekul komponen yang cocok bersama seperti blok bangunan. Terapi supramolekul muncul untuk menghentikan kanker dari tumbuh dan menyebar di tikus percobaan.

Dilaporkan melalui jurnal Nature Biomedical Engineering, tim mengatakan bahwa obat yang mereka rancang sudah memiliki lisensi.

Para peneliti membayangkan bahwa suatu saat obat itu bisa digunakan bersama perawatan kanker lainnya seperti inhibitor pemeriksaan.

Perawatan yang menargetkan sistem kekebalan untuk melawan kanker adalah bidang penelitian yang sedang berkembang di dunia medis. Banyak ilmuwan di seluruh dunia yang melakukan penelitian untuk obat anti kanker semacam ini.

# Ilmuwan Merancang Obat Yang Bisa Memakan Sel Kanker (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.