Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Raksasa Pertama

Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Raksasa Pertama

DR CECILIA APALDETTI OF CONICET

REINHA.com – Para ilmuwan telah menemukan fosil dinosaurus raksasa untuk pertama kalinya di sebuah situs di Argentina. Semasa hidupnya yaitu sekitar 30 juta tahun sebelum zaman dinosaurus berleher panjang, dinosaurus ini memiliki bobot tubuh sekitar 10 ton.

Penemuan fosil dinosaurus raksasa ini cukup mengejutkan bukan karena besar tubuh dinosaurus yang jauh melampaui fosil sebelumnya. Tapi penemuan ini menjadi kejutan karena datang begitu awal dalam evolusi dinosaurus.

Dinosaurus yang diberi nama Ingentia Prima datang sekitar 30 juta tahun sebelum Diplodocus dan Brachiosaurus yang dikenal sebagai dinosaurus pemakan tumbuhan berleher panjang. Penemuan ini memberi bukti baru tentang kemunculan dinosaurus raksasa.

(Baca juga: Ilmuwan Temukan Fosil Katak Berusia 99 Juta Tahun)

Mereka adalah hewan terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Namun, tidak jelas bagaimana dinosaurus tumbuh dengan proporsi yang begitu besar.

Menurut paleontog, hewan itu menggunakan strategi baru untuk menjadi berukuran super, yang melibatkan semburan pertumbuhan sangat cepat dan paru-paru yang efisien seperti burung.

Fosil itu ditemukan di barat laut Argentina selama perjalanan lapangan. Para ilmuwan menemukan empat kerangka, salah satu spesies baru dan tiga dinosaurus terkait.

“Kami bisa melihat bahwa itu adalah spesies baru yang kami beri nama Ingentia prima. Itu dalam bahasa Latin berarti raksasa pertama” kata Dr Cecilia Apaldetti dari CONICET-Universidad Nacional de San Juan di Argentina.

# Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Raksasa Pertama (rsn/reinha)