Beri Saran Dan Pendapat, SBY Puji Kunjungan Cepat Jokowi Ke Lokasi Bencana

Beri Saran Dan Pendapat, SBY Puji Kunjungan Cepat Jokowi Ke Lokasi Bencana
Susilo Bambang Yudhoyono

REINHA.com – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan saran dan pandangan mengenai penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Melalui akun media sosial miliknya SBY mengatakan meskipun tidak sebesar dan sedahsyat gempa bumi dan tsunami di Aceh dan Nias, kali ini gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah juga besar. Oleh karena itu, tindakan cepat Presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana dinilai tepat oleh SBY.

SBY mengatakan dengan datang lansung ke daerah bencana, Jokowi akan bisa melihat situasi, mengambil keputusan dan kemudian nanti operasi tanggap darurat akan berjalan dengan cepat tapi juga efektif.

SBY menyarankan agar untuk sementara waktu, paling tidak untuk Sulawesi Tengah, di Palu, Donggala dan sekitarnya kegiatan kampanye pemilu dihentikan.

(Baca juga: Pernyataan BMKG Tentang Gempa Bumi Donggala, Sulawesi Tengah)

“Sudah saatnya kita menunjukan solidaritas untuk saudara-saudara kita yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah untuk mengatasi bencana ini, baik pada fase tanggap darurat maupun nanti pada saatnya rehabilitasi dan rekontruksi” kata SBY

SBY pun menceritakan kenangan dirinya saat pilpres 2009, waktu itu sebagai capres dirinya dijadwalkan untuk berkampanye, dan Jusuf Kalla sebagai cawapres juga melakukan kampanye. Ketika mendengar ada musibah jebolnya bendungan di Situ Gintung, baik SBY maupun Jusuf Kalla langsung menghentikan kampanye dan menuju ke daerah bencana.

SBY juga menceritakan tentang bencana gempa dan tsunami di Aceh dan Nias. SBY menuturkan dirinya saat itu masih berada di Jayapura, hari kedua dirinya berada di Lhokseumawe dan Jusuf Kalla saat itu berada di Banda Aceh. SBY menyerukan untuk melakukan semacam gencatan senjata kepada pihak GAM dan TNI, berhenti melaksanakan operasi militer dan bersama-sama mengatasi keadaan di Aceh, menyelamatkan yang masih bisa diselamatkan sambil segera melakukan tanggap darurat.

# Beri Saran Dan Pendapat, SBY Puji Kunjungan Cepat Jokowi Ke Lokasi Bencana

  • 3
    Shares