Kembali Kunjungi NTB, Jokowi Sederhanakan Prosedur Pengambilan Uang Bantuan

Presiden Jokowi

REINHA.com – Presiden Jokowi kembali menuju Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (18/10) untuk meninjau proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di Lombok dan sekitarnya.

Di NTB, Jokowi juga hendak memastikan bahwa penyederhanaan administrasi untuk pemanfaatan dana bantuan pemerintah bagi warga terdampak gempa telah dilakukan.

(Baca juga: Ketidakpastian Global, Sri Mulyani Berharap APBN Berikan Stimulus Yang Cukup)

“Prosedur pengambilan uang bantuan itu sudah saya putuskan untuk disederhanakan, dari 17 tahapan prosedur menjadi hanya satu tahapan saja, dengan tetap memperhatikan prinsip akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan yang baik” kata Jokowi seperti yang dikutip dari akun media sosial miliknya.

Dari Lombok Tengah, Jokowi kemudian menuju Kabupaten Sumbawa Barat dengan helikopter Super Puma. Jokowi mengatakan ingin memeriksa secara langsung proses pemindahbukuan dana bantuan bagi masyarakat terdampak gempa.

“Ternyata benar. Buku tabungan itu sudah gampang diuangkan. Memang pencairannya tetap melalui prosedur yang sudah disederhanakan, mengingat bantuan dana pemerintah harus dipertanggungjawabkan. Ini menyangkut uang negara” kata Jokowi.

Jokowi pun mengingatkan kerusakan akibat gempa di NTB tidak hanya terjadi pada rumah warga. Ada 830 sekolah, 334 rumah ibadah, 61 rumah sakit dan puskesmas, dan 12 pasar. Jadi, masih banyak yang harus kita kerjakan.

Kembali Kunjungi NTB, Jokowi Sederhanakan Prosedur Pengambilan Uang Bantuan
Jokowi bagi beasiswa ke Mahasiswa Lombok Tengah

Gempa bumi di Lombok memang merubuhkan ribuan rumah dan bangunan publik, tapi harapan untuk masa depan jangan ikut tumbang. Itu pesan Jokowi kepada mahasiswa-mahasiswa dari Nusa Tenggara Barat. Mereka harus tetap melanjutkan pendidikan.

(Baca juga: Berikut Biodata Dian Sorowea Vokalis Lagu Karna Su Sayang)

Di Lombok Tengah, presiden Jokowi menyerahkan langsung beasiswa dari pemerintah kepada tujuh orang yang mewakili 5.144 mahasiswa penerima beasiswa di NTB. Dengan beasiswa ini, saya berharap mereka bisa terus melanjutkan kuliahnya hingga rampung di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dalam catatan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 5.144 mahasiswa terdampak bencana di NTB ini sebagian besar kuliah di Universitas Mataram dan 34 perguruan tinggi swasta di NTB, selebihnya di 74 perguruan tinggi negeri dan swasta di luar Provinsi NTB.

# Kembali Kunjungi NTB, Jokowi Sederhanakan Prosedur Pengambilan Uang Bantuan

  • 3
    Shares