Lagu Karna Su Sayang Sukses, Anji: Apakah Dian Sorowea Dan Near Juga Sukses?

Lagu Karna Su Sayang Sukses, Anji: Apakah Dian Sorowea Dan Near Juga Sukses?

Screenshot YouTube @DuniaManji

REINHA.com – Erdian Aji Prihartanto atau yang biasa dipanggil dengan nama Anji atau Manji turut mengomentari lagu “Karna Su Sayang” yang dinyanyikan oleh Dian Sorowea dan Near. Lagu ini menjadi trending dan dibicarakan di media sosial akhir-akhir ini.

Anji mempunyai beberapa catatan tentang lagu “Karna Su Sayang” yang fenomenal tersebut.

Pertama, menurut Anji, musisi siapa pun dan dari mana pun bisa sukses. Asal lagunya memang oke dan akhirnya viral. Tentang lagu Karna Su Sayang, Anji mengatakan bahwa lagu tersebut sangat bagus, dari melodinya, ngerap-nya dan Dian Sorowea yang menyanykan lagu tersebut juga bagus.

“Jadi buat didengar, notasinya buat seluruh kalangan itu bisa masuk. Dan kalau pun ada kekurangan teknis atau hal-hal teknis yang dirasa kurang, misalnya  mixingan-nya dan lain-lain tapi itu kan untuk profesional…” kata Anji melalui akun YouTube miliknya.

(Baca juga: Cerita Dian Sorowea Tentang Lagu Karna Su Sayang)

Anji melanjutkan dengan mengatakan untuk penikmat musik, lagu Karna Su Sayang sangat keren. Dan hal ini membuktikan internet dapat menembus batas apapun.

Jadi Anji menghimbau netizen untuk terus berkarya dimanapun berada, jika mempunyai karya yang bagus, maka bisa akan viral dan terkenal walaupun bukan musisi profesional. Dan lagu Karna Su Sayang menjadi salah satu contoh nyatanya kata Anji.

Perihal kedua yang dibahas Anji adalah apakah pencipta dan penyanyi lagu Karna Su Sayang ikut sukses seperti lagu yang dibawakannya?

Anji mengatakan jika lagu Karna Su Sayang adalah miliknya, maka dia akan kebanjiran job karena dirinya merupakan musisi profesional dan terkenal di Indonesia.

“Pada saat saya menciptakan hits pasti itu akan menjadi trigger untuk mengundang saya lagi..lagi…lagi, Anji akan banyak panggung” kata Anji.

Anji pun kemudian bertanya apakah Near dan Dian Sorowea juga akan memiliki banyak panggung? Menurut Anji saat ini mereka masih memiliki sedikit panggung. Anji yakin Near dan Dian Sorowea akan memiliki banyak panggung beberapa bulan kedepan asalkan terus berkarya.

Anji pun membahas tentang pencipta lagu Karna Su Sayang, dimana Near sendiri merupakan pencipta lagu tersebut.

Anji menjelaskan kalau hak ciptanya didaftarkan misalnya ke Lembaga Managemen Kolektif seperti WAMI, maka Near sebagai pencipta lagu tersebut pasti mendapat hasil yang lebih bagus, saat lagu tersebut diputar.

Soal performing rights, Anji mengatakan banyak sekali penyanyi profesional yang sudah sukses membawakan lagu tersebut saat manggung, pertanyaannya adalah, apakah pencipta lagu Karna Su Sayang akan mendapatkan bayaran saat lagunya dinyanyikan oleh musisi lain?

Anji mengatakan untuk saat ini tidak ada bayaran. Karena memang undang-undang royalti performing rights belum dijalankan dengan baik di Indonesia.

Anji pun membuat perumpamaan dengan mengatakan jika dia membawakan lagu Karna Su Sayang dan mendapat bayaran 10 – 100 juta maka uang itu jadi miliknya dan penyanyi dan pencipta lagu dari Karna Su Sayang tidak mendapatkan apa-apa.

Oleh karena itu Anji berkeinginan untuk berjuang agar royalti performing rights diterapkan di Indonesia, dimana saat musisi tanah air membawakan lagu orang untuk tujuan komersil, maka pencipta lagu tersebut juga harus dibayar.

# Lagu Karna Su Sayang Sukses, Anji: Apakah Dian Sorowea Dan Near Juga Sukses?