Partai Turki: Bagian Tubuh Khashoggi Ditemukan Di Sumur Konsulat Saudi

Partai Turki: Bagian Tubuh Khashoggi Ditemukan Di Sumur Konsulat Saudi

Jurnalis Jamal Khashoggi (kiri) dan seorang pria yang diidentifikasi sebagai Mustafa al-Madani (R), mengenakan pakaian Khashoggi @CNN

REINHA.com – Bagian tubuh milik jurnalis terbunuh Jamal Khashoggi telah ditemukan, menurut sumber Sky News, yang menambahkan bahwa ia telah “dipotong” dan wajahnya “cacat.”

Dengan tidak ada bukti foto untuk mendukung klaim dari sumber Sky News hal tersebut tidak bisa terverifikasi.

Klaim tersebut menggemakan pernyataan Doğu Perinçek, pemimpin partai Vatan sayap kiri Turiki pada Senin malam. Perinçek mengatakan kepada televisi Turki bahwa “bagian tubuh” Khashoggi telah ditemukan dari sebuah sumur di taman konsulat Saudi, dan menambahkan bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan akan menjelaskan temuan itu pada Selasa.

(Baca juga: Erdogan: Ada Bukti Kuat Yang Menunjukan Khashoggi Dibunuh)

Berita itu muncul setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuntut para pejabat Saudi mengungkapkan keberadaan jasad Khashoggi, setelah pemerintah Saudi mengakui Khashoggi telah dibunuh, meskipun dalam “pertarungan” dengan para pejabat di dalam konsulat di Istanbul.

Berbicara di depan parlemen Turki pada hari Selasa, Erdogan mengatakan bahwa “bukti yang sejauh ini kami kumpulkan menunjukkan bahwa Jamal Khashoggi dibunuh dalam sebuah pembunuhan kejam, kekerasan,” yang direncanakan sebelumnya oleh pemerintah Saudi.

Sumber-sumber Turki mengatakan sejak awal bahwa Khashoggi disiksa, dibunuh, dan dipotong-potong di dalam konsulat, dan mengklaim memiliki rekaman audio menit-menit terakhir hidup wartawan tersebut. Menurut Erdogan, orang-orang yang disebutkan oleh Arab Saudi sebagai tersangka dalam pembunuhan juga sama dengan yang diidentifikasi oleh penyelidikan Turki.

Ankara sekarang sangat tertarik dengan klaim bahwa pihak Turki terlibat dalam pembuangan tubuh Khashoggi setelah pembunuhan dan ingin membawa orang itu ke pengadilan, namun hal tersbeut dibantah oleh pemimpin Turki.

Rangkaian pengungkapan baru-baru ini tampaknya memberi dukungan pada teori Turki bahwa pembunuhan Khashoggi adalah serangan yang direncanakan sebelumnya. Sebuah sumber Turki berbagi rekaman CCTV dengan CNN menunjukkan seseroang yang meninggalkan gedung konsulat dengan pakaian Khashoggi, beberapa saat setelah pembunuhan.

Keluar melalui pintu belakang, orang tersebut terlihat mengenakan janggut palsu dan kacamata untuk tampil mirip dengan korban. Beberapa jam sebelum pembunuhan, pria itu terlihat memasuki gedung dengan pakaiannya sendiri, tanpa janggut dan kacamata.

Rekaman video tambahan yang diperoleh oleh penyiar Turki A Haber menunjukkan dua pria membakar dokumen di konsulat pada 3 Oktober, satu hari setelah Khashoggi memasuki gedung untuk terakhir kalinya. Rekaman itu belum diverifikasi.

Laporan lebih lanjut di media Turki mengklaim bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman sebenarnya menelepon Khashoggi dan berusaha meyakinkannya untuk kembali ke Arab Saudi. Wartawan itu menolak tawaran pangeran itu untuk terbang ke Riyadh, karena mengira dia akan ditangkap dan dibunuh di sana, dan kemudian dibunuh oleh tim Saudi setelah pembicaraan dengan MBS berakhir.

# Partai Turki: Bagian Tubuh Khashoggi Ditemukan Di Sumur Konsulat Saudi