IGR-4 Menghasilkan Bali Declaration, Apa Manfaatnya Untuk Indonesia?

IGR-4 Menghasilkan Bali Declaration, Apa Manfaatnya Untuk Indonesia?

IGR-4 Menghasilkan Bali Declaration, Apa Manfaatnya Untuk Indonesia?
Twitter @Kementerian LHK

REINHA.com – Sekitar 400 delegasi yang berasal dari sekitar 89 negara anggota Badan Lingkungan PBB (UN Environment Assembly) mengahadiri pertemuan Intergovernmental Review on Global Programme of Action for the Protection of the Marine Environment from Landbased Activities (IGR-4 GPA) di Bali.

IGR-4 ini dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dari berbagai negara, delegasi PBB, sektor swasta yang diakreditasi UN Environment Assembly, Sekretariat UN Environment, para pakar dan anggota organisasi lainnya dalam kapasitas sebagai observer.

(Baca juga: Jokowi: Perkembangan Teknologi Diiringi Tantangan Baru Dalam Hal Moralitas)

Penyelenggaraan IGR-4 ini diharapkan akan memperkuat komitmen dan kerjasama antar negara untuk melindungi dan melestarikan lingkungan laut dari dampak negatif kegiatan berbasis daratan.

Beberapa poin yang dibahas dalam pertemuan ini adalah

(1) Review pelaksanaan GPA periode 2012-2017 sebagai mandat Manila Declaration.
(2) Kebijakan masa depan GPA periode 2018-2022.
(3) Program kerja GPA periode 2018-2022 yang dilaksanakan via Coordination Office.

Hasil-hasil kesepakatan IGR4 tersebut selanjutnya dituangkan dalam dokumen Bali Declaration.

Kementerian KLH menjelaskan manfaat penyelenggaraan IGR-4 bagi Indonesia selaku tuan rumah, berikut 4 manfaat IGR-4 bagai Indonesia:

(1) Pertama, pertemuan IGR4 ini memperkuat kebijakan dan strategi Indonesia sebagai negara kepulauan di bidang perlindungan lingkungan laut,

(2) Kedua, menjadi learning process/exchange experience untuk meningkatkan kerjasama, memperkuat kebijakan dan perencanaan pembangunan terkait pesisir dan laut.

(3) Ketiga, memperkuat sinergi dan penguatan inisiatif program/kegiatan perlindungan lingkungan laut dari kegiatan berbasis di daratan yang saat ini sudah berjalan (existing initiative) di tingkat nasional dan daerah.

(4) Keempat, meningkatkan promosi Indonesia sebagai destinasi wisata Taman Wisata Alam dan Taman Nasional, dengan kehadiran peserta dari berbagai negara.

Hasil IGR-4 ini diharapkan memperkuat Indonesia dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan laut dan SDAnya, memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat dan kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya baik masa sekarang ataupun mendatang.

Berikut hasil komitmen bersama antar-negara “Bali Declaration”.

Dalam naskah Bali Declaration IGR-4, para delegasi berkomitmen melanjutkan upaya meningkatkan pengarusutamaan perlindungan ekosistem pesisir dan laut, terutama dari ancaman lingkungan yang disebabkan kelebihan nutrien, air limbah, sampah laut dan mikroplastik.

Ada juga komitmen meningkatkan kapasitas, kepandaian dan berbagi pengetahuan via kolaborasi dan kemitraan bersama pemerintah, sektor swasta, masyarakat madani dan para ahli dalam perlindungan ekosistem laut dari kegiatan berbasis daratan.

Berikut lima poin utama Bali Declaration:

(1) Melanjutkan upaya pengurangan polusi yaitu, nutrien, air limbah, dan sampah laut dalam mendukung Agenda 2030 sebagai kerangka pembangunan berkelanjutan.

(2) Memperkuat Kemitraan Global Penanganan Sampah Laut, Pengelolaan Nutrien dan Inisiatif Air Limbah Global; dan keterhubungan antarkemitraan

(3) Meningkatkan koordinasi, keterlibatan, & dukungan pekerjaan dengan negara anggota terkait polusi berbasis daratan; membangun jaringan dgn kawasan perairan regional menginisiasi platform lain yang terkait, & inisiatif internasional utk pelaksanaan efektif

(4) Meningkatkan upaya memberantas sampah laut dan mikroplastik, nutrien dan air limbah dari sumber-sumber berbasis daratan yang berintergrasi meliputi antarmuka darat/laut & air tawar/air laut dalam rencana untuk mengatasinya.

(5) Mendorong pertukaran informasi, pengalaman praktis, saintifik dan teknis, aksi kolaboratif dan kooperatif, dan kemitraan antar lembaga dan organisasi pemerintahan, masyarakat, sektor swasta dan lembaga swadaya masyarakat.

# IGR-4 Menghasilkan Bali Declaration, Apa Manfaatnya Untuk Indonesia?

  • 3
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.