Sri Mulyani Perkirakan Ekonomi Global Membaik Di Tahun 2019

Sri Mulyani Perkirakan Ekonomi Global Membaik Di Tahun 2019

Sri Mulyani Indrawati

REINHA.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan bahwa pada tahun 2019 ketidakpastian ekonomi global akan mulai mereda, namun demikian pertumbuhan ekonomi akan mengalami pelambatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, kebijakan Pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global adalah dengan memperkuat industri dalam negeri dan menarik investasi sehingga domestik demand tetap terjaga, kata Sri Mulyani seperti yang dikutip dari akun media sosial miliknya.

(Baca juga: Indonesia Punya SDA Melimpah, Jokowi: Setop Ekspor Bahan Mentah)

Lebih lanjut lagi Sri Mulyani mengatakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung hal tersebut adalah melalui kebijakan insentif pajak. Namun demikian, kebijakan insentif pajak tersebut akan selalu direviu dengan prinsip governance dan kehati-hatian.

“Jangan sampai misalnya pengusaha memanfaatkan insentif pajak namun tidak menggunakan keuntungannya bagi investasi kembali di dalam negeri yang akan menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran” kata Sri Mulyani.

Keberpihakan Pemerintah tersebut, untuk memperkuat industri dalam negeri dan menarik investasi ke dalam negeri, telah pula ditekankan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami sebagai pengelola fiskal akan terus melakukan identifikasi sektor apa yang mendapatkan keuntungan dari kita melalui insentif pajak” kata Sri Mulyani.

Dimana seharusnya keuntungan tersebut diinvestasikan lagi sehingga bisa menciptakan lapangan kerja. Sehingga walaupun APBN kita fiskalnya derfisit tetapi daya dongkraknya lebih dari itu.

# Sri Mulyani Perkirakan Ekonomi Global Membaik Di Tahun 2019