Ceritakan Kondisi Ibu Ani, SBY Meneteskan Air Mata

Ceritakan Kondisi Ibu Ani, SBY Meneteskan Air Mata

Ceritakan Kondisi Ibu Ani, SBY Meneteskan Air Mata
Screenshot @Amal_Alghozali ‏

REINHA.com – Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan kondisi terbaru dari Ibu Ani Yudhoyono dan program yang akan dijalani selama perawatan di NUH Singapura.

Penjelasan dari SBY tersebut diceritakan oleh Amal Alghozali melalui akun Twitter miliknya.

(Baca juga: PHRI Maluku Meminta Perhatian Pemerintah Terkait Kenaikan Harga Tiket Pesawat)

“Manteman, sebelum balik ke Jakarta barusan saya sempat mendapat penjelasan dari Bapak SBY mengenai kondisi terbaru Ibu Ani dan program yang akan dijalani selama perawatan di NUH Singapore.” tulis Amal Alghozali di akun miliknya, hari ini Jumat (15/02/2019).

Berikut penjelasan SBY mengenai kondisi terkini Ibu Ani, dikutip REINHA.com dari akun Twitter Amal Alghozali .

Menurut para dokter sebagaimana diceritakan Pak SBY, penyakit cancer yang menyerang tubuh Ibu Ani jenisnya berbeda dengan cancer darah yang lain. Maka metode penanganannya juga berbeda. Meski demikian, NUH Singapore berpengalaman banyak mengenai berbagai jenis cancer darah.

Cancer yang menyerang sel darah ini perkembangannya sangat cepat. Setelah observasi lebih sepekan, sekarang ini masuk hari ke 3 penanganan. Ada beberapa dokter ahli yang terlibat dalam tim yang dibentuk untuk menangani Ibu Ani.

Menurut dokter, ada dua masalah yang dihadapi Ibu Ani. Pertama, serangan cancer pada sel darah yang sangat cepat. Kedua, “pabrik” yang memproduksi darah di tubuh tidak bekerja sesuai “tugasnya”. Penanganan kedua masalah ini tidak bisa bersamaan.

Tim dokter memprioritaskan pengendalian serangan cancer pada darah. Hari ini adalah hari ketiga. Semoga pengendalian ini berjalan efektif dalam waktu yang relatif “cepat”. Setelah kondisi baik, beberapa bulan berikutnya adalah tahapan penanganan “pabrik” darah dalam tubuh.

Berapa lama proses penanganan dan pengendalian cancer ini akan dilakukan? Seberapa besar peluangnya? Tentu hanya dokter yang bisa menjelaskan. Yang pasti saat ini sedang akan dilakukan pencarian darah yang cocok untuk program ini.

Diutamakan dari keluarga kandung atau sedarah, keluarga dekat dan keluarga besar. Belum tentu ada yang cocok. Tidak mudah. Menurut dokter, dalam banyak kasus bantuan darah yang cocok sesuai program pengendalian serangan cancer ini justeru datang dari orang-orang di benua lain.

Hmmm saya tidak akan masuk pada wilayah medis yang bukan kapasitas saya. Twit tadi hanya gambaran untuk orang awam seperti saya memahami apa yang sedang terjadi dan dialami pasien cancer darah kategori tertentu agar saya bisa mudah bercerita saja.

Tentu kita semua, masyarakst Indonesia ingin tahu, “ bagaimana kondisi ibu Ani saat ini?”. Berikut ini saya kutipkan penjelasan Pak SBY yang 24 jam selalu mendampingi Ibu Ani di rumah sakit.

Menurut Pak SBY, Ibu Ani tetap semangat dan membutuhkan dukungan dari keluarga dan teman-teman semua agar terus kuat berjuang melawan cancer ini. Dokter menyarankan, kondisi psikologis pasien harus dijaga. Tidak boleh merasa sendiri dan terisolir. Untuk itulah Pak SBY 24 jam menemani.

Pun demikian dengan mas AHY dan isterinya Annisa, serta Mas Ibas dan Aliya. Mereka bergantian siang dan malam. Keluarga besar SBY ini memang sangat kompak. Mereka terus berusaha membuat ibu Ani tetap bersemangat dalam serangan cancer.

Tadi saya sempat gak tega menatap wajah Pak SBY karena saat menjelaskan kondisi Ibu Ani beliau meneteskan air mata. “Saya selalu menangis dalam setiap sujud malam saya. Semoga Ibu Ani sembuh. Mohon sampaikan permohonan saya kepada masyarakat untuk berkenan mendoakan Ibu Ani”.

Tadi Pak SBY juga menyampaikan permohonan maaf tidak bisa ikutan menemani para kader partai yang sedang berjuang dan bertarung di daerah pencalonan mereka. “Maafkan saya, sementara saya menemani Ibu Ani”.

Kata Pak SBY, beliau dapat kabar Presiden Jokowi dan Ibu Iriana pekan depan akan membesuk ke Singapore. Ada banyak sahabat dari Indonesia dan negara lain yang datang menengok ibu Ani. Hari ini rencananya PM Singapore akan datang ke NUH.

Namanya juga Pak SBY, dalam kondisi seperti ini juga masih nanya, “ bagaimana kabarnya teman-teman petani tebu, peternak ayam dan petani jagung?”. Hehehe beliau ini sepertinya tau bahwa saya tadi mbrebes mili.

# Ceritakan Kondisi Ibu Ani, SBY Meneteskan Air Mata

  • 9
    Shares

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.