Kunjungi Kelompok Tambak Ikan Dan Udang Di Riangkoli, AGH: Sudah Ada 300 Kelompok Seperti Ini Yang Aktif

Bupati Flores Timur Anton Gege Hadjon (AGH) mengunjungi lokasi tambak ikan bandeng dan udang di desa Sinamlaka, Riangkoli Sabtu 18 Mei 2019.
Anton Gege Hadjon saat melepas puluhan benih ikan @reinha.com

REINHA.com – Bupati Flores Timur Anton Gege Hadjon (AGH) mengunjungi lokasi tambak ikan bandeng dan udang di desa Sinamalaka, Riangkoli Sabtu 18 Mei 2019.

Tambak ikan dan udang ini dimiliki oleh kelompok “Breun Senaren” Satu. Kelompok yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Flores Timur dalam rangka memberdayakan kaum muda Flores Timur.

(Baca juga: Jokowi Tetapkan 9 Anggota Pansel Calon Pimpinan KPK, Berikut Namanya)

Dalam kunjungannya AGH menyempatkan diri berdialog dengan anggota kelompok Breun Senaren. AGH juga memberikan dukungan, dan berjanji akan membantu memasarkan hasil tambak (ikan dan udang) saat panen nanti.

Dalam kunjungannya tersebut juga AGH melepaskan puluhan bibit ikan ke dalam tambak.

Kunjungi Kelompok Tambak Ikan Dan Udang Di Riangkoli, AGH: Sudah Ada 300 Kelompok Seperti Ini Yang Aktif
Ikan bandeng yang diambil dari tambak ikan @reinha.com

Kepada REINHA.com, AGH mengatakan bahwa kelompok tambak Breun Senaren merupakan salah satu kelompok yang dibentuk dari program yang dibuat oleh pemerintah kabupaten Flores Timur. Dan saat ini sudah ada 300 kelompok (orang) yang aktif.

(Lihat Video: Bupati Flotim kunjungi kelompok tambak Ikan dan Udang)

Ketua umum kelompok Breun Senaren Satu, Mikel Bubu Hurit menjelaskan bahwa luasnya lahan yang digunakan untuk tambak udang sebesar 330 meter sedangkan untuk bandeng 100 meter. Tambak ini sendiri menurut Mikel sudah berjalan sejak bulan Januari 2019.

“Lahan untuk udang seluas 330 meter, bandeng 100 meter, air didalam tambak diambil dari laut dan dicampur air tawar” kata Mikel.

Untuk bibit bandeng dan udang, Mikel mengatakan saat ini mereka menggunakan bibit lokal, hal ini dikarenakan bibit lokal lebih bertahan dan sudah pasti hidup.

Kunjungi Kelompok Tambak Ikan Dan Udang Di Riangkoli, AGH: Sudah Ada 300 Kelompok Seperti Ini Yang Aktif
Mikel Bubu Hurit tengah @reinha.com

Bibit lokal diambil dari muara yang letaknya berdekatan dengan lokasi tambak. Dari pantauan REINHA.com dilapangan terdapat kanal-kanal kecil yang dijadikan sebagai jebakan untuk benih ikan dan udang. Benih ini kemudian dipindakan ke tambak yang sudah tersedia.

Ketika ditanya kisaran jumlah hasil yang akan didapat, Mikel yang sempat bekerja disalah satu tambak di daerah Sumatera tersebut tidak dapat memastikan berapa banyak hasil yang akan diperoleh, namun Mikel mengatakan jika menggunakan bibit udang vannamei sebanyak 100 ribu ekor bibit, maka akan menghasilkan tiga ton. Untuk tambak udang yang ada sekarang sudah dimasukan sekitar 5000 ribu bibit lokal.

Untuk kelompok Budidaya Breun Senaren sendiri ada tiga kelompok, satu kelompok ada di Kawalelo (keramba) sedangkan dua kelompok ada di Riangkoli dalam bentuk tambak.

# Kunjungi Kelompok Tambak Ikan Dan Udang Di Riangkoli, AGH: Sudah Ada 300 Kelompok Seperti Ini Yang Aktif

  • 29
    Shares