Bunga Bangkai Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson Ditemukan Di Papua

Bunga Bangkai Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson Ditemukan Di Papua
Bunga Bangkai Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson @KLHK

REINHA.com – Warga Kota Sorong, Papua Barat hari Jumat lalu (07/6) dihebohkan oleh berita ditemukannya bunga bangkai Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson yang tumbuh di halaman rumah warga setempat.

Penemuan jenis bunga bangkai yang tumbuh pada halaman rumah warga di Kota Sorong, bukan penemuan bunga bangkai yang pertama kali di Papua.

(Baca juga: Tantangan Perpajakan di Era Digital Sangat Besar)

Sebelumnya peneliti dari Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manokwari (Krisma Lekitoo dan Onasius Piter M. Matani) pada tahun 2004 silam, pernah menemukan tumbuhan tersebut di Kabupaten Teluk Wondama.

Berdasarkan ciri morfologi dari bunga bangkai tersebut maka kepastian status taksonomi dari bunga bangkai tersebut adalah Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson.

Secara ekologi bunga bangkai tumbuh menyebar pada hutan monson, hutan belukar atau savana dan hutan hujan tropis.

Penyebarannya meliputi Australia, Cina, India, Banglades, Laos, Myanmar, Philipina, Srilanka, Vietnam, Malesia (Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Jawa, Kepulauan sunda kecil, Semenanjung Malaysia, Maluku), Madagaskar dan Papua termasuk Papua Nugini.

# Bunga Bangkai Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson Ditemukan Di Papua

  • 39
    Shares