Bersama Masyarakat, Ibu Negara Dan Menteri LHK Tanam Bakau Di Batam

Bersama Masyarakat, Ibu Negara Dan Menteri LHK Tanam Bakau Di Batam
Ibu Negara dan Menteri LHK tanam bakau di Batam

REINA.com – Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menanam mangrove di Pancur Pelabuhan, Kota Batam, Kepulauan Riau (7/8). Para istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) pun turut mendampingi.

Dalam sambutannya, Ibu Iriana mengaku sangat senang bisa hadir untuk menanam mangrove bersama dengan masyarakat setempat.

(Baca juga: Sinergi Pusat Dan Daerah Jadi Kunci Pembangunan KPH)

“Kita menanam mangrove pastinya tidak asal menanam saja. Saya sama ibu-ibu di sini menanam dengan hati, dengan cinta. Makanya nanti insyaallah mangrove akan berkembang dengan baik,” ujar bu Iriana. Tidak hanya menanam, perkembangan tanaman tersebut tentu akan diikuti.

Kegiatan menanam mangrove ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Ibu Iriana. Menurutnya, ia sudah mengunjungi 34 provinsi dan menanam lebih dari 170 ribu batang pohon mangrove.
.
Menteri LHK, Siti Nurbaya menyampaikan, “yang penting dari kegiatan ini, bahwa semangatnya mangrove itu menjadi bagian penting konservasi di masa yang akan datang, yang dimulai dari sekarang kita perkuat”.

Ekosistem mangrove berperan menjaga keseimbangan lingkungan pantai, pelindung erosi dan abrasi air laut, serta penyangga dan pencegah intrusi air laut. Selain itu, juga berfungsi sebagai tempat berlindung atau berkembangbiaknya berbagai jenis fauna dan biota laut, sumber pendapatan masyarakat seperti pemanfaatan kayu dan nonkayu, serta ekowisata. Mangrove juga memiliki kemampuan menyerap emisi gas rumah kaca (GRK) 5 kali lebih baik dari tanaman hutan lainnya.

# Bersama Masyarakat, Ibu Negara Dan Menteri LHK Tanam Bakau Di Batam

  • 8
    Shares