Babinsa se-Larantuka Bersama “Belegans” Ikut Padamkan Api Di Gunung (Ile) Mandiri

Babinsa se-Larantuka Bersama "Belegans" Ikut Padamkan Api Di Gunung (Ile) Mandiri
Pose bersama Babinsa, Pol PP dan Belegans @reinha.com

REINHA.com – Tim Bintara Pembina Desa (Babinsa) se-Larantuka bersama tim relawan Belegans Community beserta beberapa anggota Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Flores Timur, berjuang memadamkan dan memutuskan penyebaran api yang membakar gunung Ile Mandiri pada hari Selasa, 17 September 2019.

Sebelum berangkat, semua tim baik itu dari Kodim dan Kepolisian berkumpul di depan kantor Pol PP. Tim kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Tim pertama naik dari arah barat dan tim kedua naik dari arah timur. Hal tersebut dimaksudkan agar tim bisa mengepung dan memperkecil penyebaran api.

Full Video Pemadaman Api Di Gunung Mandiri

Tim Babinsa se-Larantuka bersama Belegans Community naik melalui jalur barat (Lewerang – Amagarapati).

Dengan peralatan seadanya seperti parang, kayu dan sapu lidi, tim Babinsa dan Belegans langsung menuju titik api terbawah, kemudian membersihkan semua jalur yang akan dilewati kobaran api. Hal tersebut dilakukan agar nyala api tidak menyebar melewati jalur yang telah dibersihkan, sehingga api mudah untuk dipadamkan.

Walaupun letih,tim terus bergerak. Dan dengan hanya mengandalkan semangat yang besar untuk memdamkan api, membawa tim mencapai puncak tertinggi titik api berada. Sampai pada titik itu, tim gabungan Babinsa, Belegans Community dan Pol PP berhasil memadamkan dan menghalangi lajunya penyebaran api.

Titik Api Tertinggi Di Gunung Mandiri

Seperti yang disaksikan REINHA.com di lapangan, kobaran api cepat menyebar karena rimbunnya daun kering yang memenuhi jalur penyebaran api. Hal itu diperparah dengan banyaknya ranting kering yang terhubung antara satu pohon ke pohon yang lain, sehingga tim harus bekerja lebih teliti untuk memastikan bahwa jalur penyebaran api benar-benar terputus.

(Baca juga: Mengenal Leon Tenada Di Festival Lamaholot (Nubun Tawa))

Belum diketahui secara jelas penyebab kebakaran hutan di Gunung Mandiri yang sudah berlangsung selama dua hari tersebut.

Menurut informasi yang didapat, kobaran api di hari pertama sulit dipadamkan karena beratnya medan dan terhalang jurang.

# Babinsa se-Larantuka Bersama “Belegans” Ikut Padamkan Api Di Gunung (Ile) Mandiri

  • 378
    Shares