Presiden Jokowi Resmikan Operasi Palapa Ring

Presiden Jokowi Resmikan Operasi Palapa Ring
@kominfo

REINHA.com – Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya Palapa Ring di Istana Negara. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan Prasasti Digital Palapa Ring dan videoconference dengan sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah. Senin (14/10).

Presiden Jokowi mengungkapkan rasa syukurnya dengan beroperasinya Palapa Ring yang menjangkau 514 Kab/Kota se-Indonesia.

(Baca juga: KLHK Proses Kasus Karhutla PT. GH Dan PT. TI Secara Terpadu)

“Pemerintah berkomitmen menuntaskan infrastruktur ‘tol langit’ untuk memajukan sektor ekonomi, budaya, sosial, dan politik,” kata Presiden Jokowi.

Proyek jaringan tulang punggung serat optik sepanjang 12.128 kilometer ini terdiri dari tiga paket yaitu paket Barat, Tengah dan Timur.

“Palapa Ring ini seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi. Dari pintu tol tadi, dibangun akses ke dalamnya oleh teman-teman operator telekomunikasi,” kata Menteri Kominfo Rudiantara.

Palapa Ring ini wujud kebijakan afirmatif pemerintah untuk menyediakan internet cepat dan mengurangi kesenjangan digital di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) yang tidak dibangun operator telekomunikasi karena tidak feasible secara bisnis.

Palapa Ring yang dibangun oleh BAKTI Kominfo menggunakan skema KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha) dan menjadi proyek KPBU pertama di sektor telekomunikasi yang menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan/Availability Payment (AP).

Manfaat dari Palapa Ring salah satunya adalah mendorong pemerataan internet berkecepatan tinggi di seluruh pelosok Indonesia.

# Presiden Jokowi Resmikan Operasi Palapa Ring

  • 15
    Shares